alexametrics

Menhub Akan Interogasi Garuda Soal Laporan Keuangan

loading...
Menhub Akan Interogasi Garuda Soal Laporan Keuangan
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan memanggil perwakilan dari PT. Garuda Indonesia untuk mempertanyakan mengenai kondisi sebenarnya dari perseroan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan memanggil perwakilan dari PT. Garuda Indonesia untuk mempertanyakan mengenai kondisi sebenarnya dari perseroan. Hal ini menanggapi polemik yang sedang terjadi, dimana laporan keuangan Garuda ditolak oleh jajaran Komisaris hingga menimbulkan polemik.

Dipanggilnya Garuda Indonesia, menurut Menhub bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pihak maskapai untuk klarifikasi. "Selaku regulator, Kemenhub beri kesempatan kepada yang berwenang untuk klarifikasi," ujar Menhub Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Berdasarkan laporan keuangan, Garuda Indonesia mencetak keuntungan namun menuai penolakan terkait perbedaan mengenai substansi pendapatan dapat dibukukan sebelum kas diterima. "Kemenhub sudah dapat laporan keuangan dari Garuda dan disitu memang dinyatakan 2018 untung, secara detil kita tidak laporkan tentang hal yang berkait pengakuan pihak penerbangan," jelasnya.



Selain itu lanjut Menhub juga akan meminta masukan dari berbagai macam instansi lainnya seperti Kementerian BUMN hingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Selain Garuda juga Kementerian BUMN, klarifikasi sudah dari BPK, Komisi VI DPR dan BEI," ucapnya.

Dengan adanya klarifikasi dari pihak terkait, Menhub berharap polemik ini bisa segera berakhir karena jika terus berlanjut tentunya bisa menganggu kinerja dari maskapai BUMN ini. "Kami harapkan klarifikasi itu beri rekomendasi bagi pengakuan pendapatan atau selanjutnya yang penting kita memastikan sustainability perusahaan ini atau kelangsungan operasi Garuda berjalan baik. Kami yakin lembaga-lembaga itu bisa lakukan terbaik," terang dia.
(akr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak