Carry Pick Up Raja Pasar Nasional Siap Taklukkan Pasar Global

Rabu, 01 Mei 2019 - 20:11 WIB
Carry Pick Up Raja Pasar Nasional Siap Taklukkan Pasar Global
Carry Pick Up Raja Pasar Nasional Siap Taklukkan Pasar Global
A A A
JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan world premier di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019. Kali ini yang diluncurkan produk istimewa, yakni mobil niaga Carry Pick Up. Carry Pick Up bukanlah sembarang mobil niaga. Mobil ini dilengkapi dengan beragam fitur terkini yang akan memanjakan pengemudinya. Tak hanya itu, struktur bodi raja mobil niaga ringan ini dibuat lebih kokoh sehingga tangguh melibas segala medan.

Kuartal pertama 2019 menjadi momentum Carry Pick Up dan Mega Carry Pick Up, di segmen kendaraan niaga ringan di Indonesia. Pada kuartal pertama 2019, Carry Pick Up dan Mega Carry Pick Up membukukan jumlah penjualan ritel sebanyak 11.171 unit. Hasil ini membuat Suzuki Carry tetap merajai segmen Pick Up dengan menguasai 50% pasar kendaraan niaga ringan.

"Kami sangat bangga Carry Pick Up dan Mega Carry Pick Up meraih hasil positif di kuartal pertama 2019. Raihan ini tak lepas dari kepercayaan konsumen terhadap Suzuki Carry dalam mendukung kegiatan bisnis mereka. Untuk melanjutkan prestasi ini, kami telah menghadirkan New Carry yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha, baik sebagai mobil pick up maupun dimodifikasi sesuai kebutuhan,"tegas 4W Sales Director PT SIS Makmur di Jakarta Rabu (1/5/2019).

Di TIIMS 2019, konsumen yang tertarik dapat memesan New Carry dengan ubahan khusus seperti New Carry Ambulance, New Carry Box, New Carry Angkutan Kota, dan New Carry Moko (Mobil Toko). Tidak hanya itu, New Carry juga bisa dimodifikasi menjadi mobil Arm Roll, Dump Truck, ataupun perpustakaan keliling. Dengan hadirnya unit modifikasi ini, hingga akhir tahun 2019 Suzuki menargetkan kontribusinya sebesar 10% terhadap total penjualan New Carry Pick Up.

Untuk unit modifikasi khusus, Suzuki tidak hanya melayani pemesanan fleet tetapi juga konsumen perorangan. Konsumen hanya perlu datang ke diler-diler resmi Suzuki dan melakukan pemesanan unit modifikasi New Carry yang diinginkan.

"Kami telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan leasing untuk mempermudah pelanggan dalam memiliki New Carry yang dimodifikasi. Proses yang dibutuhkan untuk varian khusus New Carry adalah sekitar satu hingga tiga bulan, sesuai dengan model yang dibutuhkan,"ungkap Makmur.

Di pasar mobil niaga ringan di Indonesia, Suzuki Carry Pick Up menjadi raja dengan angka wholesale mencapai lebih dari 1.250.000 unit dari tahun 1976 sampai 2018. 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra memaparkan, New Carry Pick Up dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan harapan konsumen. Dengan menerapkan konsep ‘ILMU’, New Carry Pick Up memiliki desain baru dan dimensi lebih besar sehingga mampu membawa lebih banyak muatan. Konsep ILMU yang diterapkan dalam Suzuki New Carry Pick Up, yaitu ‘I’ untuk Irit bensin dan perawatan, ‘L’ untuk Lama umur pakainya, ‘M’ untuk Muat banyak, dan ‘U’ yang berarti Untung di ujung.

"Selain itu, New Carry Pick Up juga mudah dimodifikasi untuk kebutuhan bisnis apapun. Dengan mesin terbaru yang bandel dan tangguh, konsumsi bahan bakarnya jadi jauh lebih irit. Fitur-fitur lainnya pun kini memberikan kenyamanan bagi pengendara selama di perjalanan," tegasnya.

Kendaraan niaga andalan Suzuki ini juga dilengkapi fitur Air Conditioner (AC), Electric Power Steering (EPS), dan Sliding Seat pada varian tertinggi. Selain itu, terdapat Head Unit 1 Din, Split Seat dengan jok yang tebal, serta 6 tempat penyimpanan barang (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian AC dan 10 tempat (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian non-AC yang membuat ruang kabin semakin nyaman dan lega untuk tiga orang. "Dari sisi keamanan, Suzuki New Carry Pick Up juga disematkan fitur Immobilizer sehingga pelanggan tidak perlu khawatir saat memarkir kendaraan dan dapat menjalankan bisnis dengan lebih tenang,"papar Donny.

Di bagian bak, mobil ini memiliki ruang yang luas dengan panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm sehingga mampu mengangkut muatan seberat 1 ton. Agar muatan tetap aman selama perjalanan, pelanggan dapat memanfaatkan pengait yang ada di sekeliling bak untuk mengikatkan barang. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).

Kesuksesan Suzuki Carry Pick Up di pasar mobil nasionaltak lepas dari komitmen Suzuki menjaga kepuasan pelanggan dengan memperkuat layanan purnajual produk terbarunya tersebut melalui program promosi untuk servis New Carry Pick Up. "Salah satu faktor kepercayaan pelanggan memilih Carry Pick Up sebagai kendaraan andalan adalah biaya perawatannya yang terjangkau, terlebih untuk para pelaku usaha yang memperhatikan segi ekonomis,"ujar Service Dept. Head 2W, 4W dan Marine PT SIS Riecky Patrayudha.

Dengan adanya generasi terbaru Carry Pick Up ini, Suzuki juga memberikan biaya servis berkala yang sangat terjangkau dan program gratis oli mesin sampai 50.000 km apabila melakukan pembelian samoai dengan 30 September 2019. "Harapan kami, New Carry Pick Up ke depannya akan semakin mendorong aktivitas niaga di Indonesia, dan menguntungkan para pengusaha,"imbuhnya.

Keseluruhan biaya perawatan berkala yang ditawarkan untuk konsumen Suzuki New Carry Pick Up hingga 50.000 km hanya berkisar Rp2,3 jutaan. Biaya tersebut sudah meliputi layanan jasa, suku cadang, dan Suzuki Genuine Oil (SGO) namun belum termasuk biaya operasional kendaraan sehari-hari dan biaya tidak terduga lainnya. Khusus periode pembelian sampai dengan 30 September 2019, PT SIS mengadakan program gratis oli mesin, penggantian filter oli dan oil gasket sampai dengan pemakaian 50.000 km, sehingga biaya servis berkala akan jauh lebih murah.

"Nantinya, konsumen akan diberikan stiker khusus pada halaman depan buku servis dan halaman Kupon Servis Gratis (KSG). Program promo ini berlaku untuk unit dengan proses faktur polisi periode sampai dengan 30 September 2019,"ungkap Riecky.

Konsumen kendaraan niaga Suzuki telah secara konsisten memberikan kepercayaan kepada Carry Pick Up karena telah mampu mendukung perkembangan usaha pemiliknya. Dari generasi ke generasi, Carry Pick Up terbukti tampil sebagai armada angkut yang andal dan irit.

"Kepercayaan pelanggan terhadap Suzuki Carry merupakan bukti bahwa kami terus selalu meningkatkan produk dan kualitas pelayanan dan purnajual melalui jaringan penjualan, servis dan suku cadang yang hadir di seluruh nusantara. Selain itu, harga jual kembalinya yang tinggi, turut menjadikan pick up Suzuki sebagai armada usaha dan investasi yang menguntungkan,"tutup Riecky.

Sukses di pasar mobil nasional tak membuat Suzuki puas. New Carry Pick Up juga di proyeksikan menguasai pasar mobil niaga ringan di pasar global. Tak tanggung-tanggung, New Carry Pick Up akan di ekspor ke 100 negara di dunia.

Managing Officer Global Automotive Marketing Suzuki Motor Corporation, Shuji Oishi, menjelaskan, New Carry Pick Up akan dipasarkan ke berbagai negara seperti Carry Pick Up generasi sebelumnya. "Sebelumnya (Carry) sudah di ekspor ke-59 negara. Generasi kali ini akan coba diekspor ke lebih banyak negara lainnya,"ungkapnya.

Saat ini, dari semua model, penjualan Suzuki dalam sebulan mencapai 10 ribu unit. Sebesar 50% penjualan disumbangkan Carry. "Kami menyiapkan ekspor model Carry terbaru dengan tujuan ke 100 negara di berbagai belahan dunia," ujar Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5558 seconds (0.1#10.140)