Bahan Makanan dan Transportasi Penyumbang Inflasi Bulan April

Kamis, 02 Mei 2019 - 12:43 WIB
Bahan Makanan dan Transportasi Penyumbang Inflasi Bulan April
Bahan Makanan dan Transportasi Penyumbang Inflasi Bulan April
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi bulan April 2019 sebesar 0,44%. Dan penyumbang terbesar inflasi bulan April datang dari komponen bahan makanan dan transportasi.

Kepala BPS, Suhariyanto, menjelaskan bahan makanan mencatat inflasi terbesar 1,45% dengan andil ke tingkat inflasi bulan April juga paling besar, 0,31%. Inflasi bahan makanan disebabkan oleh kenaikan harga bumbu-bumbuan, seperti bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai merah.

"Komoditas untuk harga yang bergejolak adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, telur ayam ras, dan tomat sayur," ujar Suhariyanto di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Sementara itu, inflasi dari sektor transportasi mencapai 0,28% dengan andil 0,05%. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga tiket pesawat yang masih belum terkendali sejak awal tahun.

"Seperti kita tahu, penyebab utamanya adalah kenaikan tarif angkutan udara. Masih ada kenaikan harga tiket pesawat di 39 kota Indeks Harga Konsumen (IHK). Sebagai contoh, di Banjarmasin naik 23%," jelasnya.

Namun kali ini, kata Suhariyanto, harga beras memberi andil deflasi yang artinya ada penurunan harga. Ini disebabkan harga gabah yang turun di tingkat petani, mengingat masih berdekatan dengan musim panen raya.

"Ketersediaan gabah yang melimpah membuat harga beras pun turun," tandasnya. Baca Juga: BPS: Inflasi Bulan April 0,44%
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8005 seconds (0.1#10.140)