alexametrics

Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik 5,9% pada Maret 2019

loading...
Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik 5,9% pada Maret 2019
BPS mencatat kedatangan wisman pada Maret 2019 meningkat 5,9% dibanding bulan sebelumnya. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada bulan Maret 2019 mengalami kenaikan menjadi 1,34 juta dibandingkan Februari 2019. Jumlah kunjungan wisman tersebut naik sebesar 5,90%.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, wisman asal Asia masih tercatat sebagai yang tertinggi. Dalam hal ini, kunjungan wisman Malaysia masih mendominasi. Sedangkan kunjungan turis asal China tercatat mengalami penurunan.

"Pada Maret 2019 wisman yang paling banyak datang itu Malaysia, Singapura dan China. Hanya bergeser kenaikan saja. China penurunannya agak tajam," ujar Suhariyanto di Jakarta, Kamis (2/5/2019).



Dia menambahkan, untuk Wisman asal Benua Amerika tercatat terjadoi peningkatan. Sayangnya, untuk turis asal Afrika cenderung menurun selama periode Januari sampai Maret.

"Jadi Amerika cukup bagus, turis yang datang malah meningkat mencapai 7,7%. Sama Eropa juga meningkat, tapi sayangnya untuk Afrika masih kurang, ini yang perlu kita genjot," paparnya.

Selain itu, BPS juga mencatat penumpang pesawat internasional pada periode yang sama berjumlah 1,55 juta orang, mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Kedatangan penumpang internasional itu terbanyak masuk di tiga bandara di Indonesia, yakni Bali, Soekarno-Hatta dan NTB.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak