Meski Melambat, BI Sebut Momentum Pertumbuhan Ekonomi Tetap Terjaga

Senin, 06 Mei 2019 - 22:23 WIB
Meski Melambat, BI Sebut Momentum Pertumbuhan Ekonomi Tetap Terjaga
Meski Melambat, BI Sebut Momentum Pertumbuhan Ekonomi Tetap Terjaga
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2019 mencapai 5,07%. Angka ini melambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV 2018 sebesar 5,18%. Kendati demikian, Bank Indonesia (BI) menilai kinerja perekonomian ini masih terjaga dan akan menjaga momen pertumbuhan ekonomi tetap stabil.

"Pertumbuhan yang melambat ini tidak terlepas dari pengaruh pola musiman awal tahun serta dampak perbaikan pertumbuhan ekonomi global yang lebih rendah dari prakiraan," terang Direktur Eksekutif Komunikasi BI, Onny Widjarnako di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Data menyebutkan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 ditopang oleh permintaan domestik. Permintaan domestik tetap baik dipengaruhi oleh konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) dan konsumsi rumah tangga. Pertumbuhan konsumsi LNPRT pada kuartal I 2019 meningkat menjadi 16,93%, dibandingkan kuartal IV 2018 sebesar 10,79%. Hal ini didorong belanja konsumsi terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Selain itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal I 2019 juga tetap baik, yakni 5,01%, meskipun melambat dibandingkan dengan kondisi kuartal IV 2018 sebesar 5,08%.

Kinerja konsumsi rumah tangga yang baik didukung inflasi yang terkendali, serta pendapatan masyarakat dan tingkat keyakinan konsumen yang membaik. Selain itu, permintaan domestik juga ditopang pertumbuhan investasi bangunan yang masih tinggi.

Adapun kinerja ekspor neto tercatat positif akibat penurunan impor, di tengah ekspor yang menurun sejalan dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia dan penurunan harga komoditas.

Bank Indonesia memandang kinerja perekonomian Indonesia di kuartal I 2019 tetap positif, ditengah kondisi pertumbuhan ekonomi dunia yang tidak sesuai prakiraan. Kedepan, bauran kebijakan Bank Indonesia terus ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan turut menopang pertumbuhan ekonomi.

Bauran kebijakan Bank Indonesia, pemerintah, dan otoritas terkait juga akan senantiasa diperkuat untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2019 berada pada kisaran 5,0%-5,4%.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6017 seconds (0.1#10.140)