alexametrics

Darmin Dorong Produk Buah Indonesia Diekspor ke Negaranya Lionel Messi

loading...
Darmin Dorong Produk Buah Indonesia Diekspor ke Negaranya Lionel Messi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti melakukan kunjungan kerja ke Indonesia, untuk meningkatkan hubungan perdagangan, investasi, dan pertanian. Peningkatan kerjasama ekonomi ini, dimanfaatkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution untuk meningkatkan ekspor ke Argentina.

Salah satunya adalah produksi buah-buahan yang bakal diekspor ke negaranya Lionel Messi. Argentina sendiri tidak memiliki ragam jenis buah tropis. Dan ini menjadi peluang bagi Indonesia.

"Jadi banyak potensi yang ingin kita tingkatkan, salah satunya mendorong produksi buah tropis kita untuk diekspor ke Argentina karena mereka tidak terlalu memiliki banyak jenis buah-buahan," ujar Darmin di Jakarta, Rabu (8/5/2019).



Darmin menambahkan, Argentina merupakan mitra penting bagi Indonesia, dan menjadi pintu masuk produk Indonesia ke pasar Amerika Latin. "Jadi kita bukan hanya impor dari Argentina juga melakukan ekspor dan selama ini neraca dagang kita bagus," jelasnya.

Sebagai informasi, pada tahun lalu ada tiga produk ekspor utama Indonesia ke Argentina, yaitu alas kaki dan produk alas kaki sebesar USD71,47 juta, karet dan produk karet USD46,79 juta, mesin dan peralatan listrik USD46,3 juta.

Sementara, tiga produk utama yang diimpor Indonesia dari Argentina yakni oilcake (bungkil) dari minyak kedelai senilai USD934,98 juta, sereal USD220 juta, serta katun sebesar USD51,2 juta.

Dan secara keseluruhan, Argentina adalah mitra dagang terbesar kedua dari Indonesia untuk kawasan Amerika Selatan. Total perdagangan kedua negara pada 2018 sebesar USD1,68 miliar atau meningkat 17,96% dibandingkan 2017. Sedangkan Foreign Direct Investment (FDI) Argentina di Indonesia mencapai USD0,14 juta (data BKPM 2018).
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak