Pengusaha Batik Binaan BNI Ramaikan Gelar Batik Nusantara 2019

Kamis, 09 Mei 2019 - 11:46 WIB
Pengusaha Batik Binaan BNI Ramaikan Gelar Batik Nusantara 2019
Pengusaha Batik Binaan BNI Ramaikan Gelar Batik Nusantara 2019
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung Yayasan Batik Indonesia menyelenggarakan Gelar Batik Nusantara (GBN) 2019. Sebanyak 260 booth perajin batik dalam acara yang di selenggarakan pada 8-12 Mei 2019 di Plenary, Main Lobby, dan Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran yang bertema “Lestari Tak Berbatas” ini resmi dibuka Menteri Perindustrian Air langga Hartarto. Turut hadir, Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla. Dalam kesempatan kali ini, sebanyak lima perajin dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI unjuk karyanya dalam per gelaran bergengsi yang sudah diadakan ke-11 kalinya ini.

“BNI kembali mendukung se penuhnya kegiatan Gelar Batik Nusantara 2019 bersama Ya yasan Batik Indonesia. Pada ke sempatan ini pembatik binaan BNI turut unjuk karyanya ber sama pengrajin batik dari seluruh Indonesia, mengasah stra tegi pemasaran, dan semakin mengenal tren batik yang disukai oleh masyarakat,” ujar Corporate Secretary BNI Meiliana dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Lima mitra binaan RKB BNI yang ikut serta pagelaran GBN 2019 yaitu Widi Nugraha Batik RKB asal RKB BNI Ngawi, Ayesha Collection asal RKB Padang, Batik Tebo by Rizky Danang asal RKB Tebo, Rajasa Mas asal RKB Cilacap, dan Suruh Temurose asal RKB Banyu wangi.

Batik Tebo by Rizky Danang yang pernah mendapatkan penghargaan Produktivitas Sid dhakarya Tahun 2018 mengatakan, “Saya sangat senang dapat memperlihatkan karya Batik Tebo di Gelar Batik Nusantara 2019. Selain akan semakin di kenal banyak masyarakat, acara ini juga dapat menambahkan motivasi saya untuk berkreasi dan ide-ide baru dengan melihat hasil karya batik dari perajin lainnya.”

Selain itu, Toni Sudarmaji bagian produksi dari Rajasa Mas mengatakan, “Senang sekali dapat ikut serta di Gelar Batik Nusantara 2019. Di sini, saya mendapatkan jaringan baru bagi penjualan dan menambah teman dari berbagai daerah di Indonesia. Saya berharap melalui acara ini nantinya dapat meningkatkan produksi dan omzet Rajasa Mas".

Rumah Kreatif BUMN (RKB) merupakan wadah bagi BUMN untuk berkolaborasi dalam mem bentuk digital eco nomy ecosystem melalui pem bina an UMKM. Melalui RKB ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM itu sendiri. RKB di bangun sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM.

BNI merupakan salah satu bank BUMN yang turut aktif dalam pengembangan UKM yang tergabung dalam RKB. “Kami memberikan pendampingan kepada RKB binaan BNI antara lain pembukuan dasar sampai dengan quality control dan pemasaran. Jadi, mereka mengetahui cara pengembangan usaha dan pening katan kualitas produk,” papar Meiliana.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)