Kepala Bappenas Ungkap Fokus RI Kini Pengembangan SDM Hingga 2024

Kamis, 09 Mei 2019 - 13:37 WIB
Kepala Bappenas Ungkap Fokus RI Kini Pengembangan SDM Hingga 2024
Kepala Bappenas Ungkap Fokus RI Kini Pengembangan SDM Hingga 2024
A A A
JAKARTA - Menteri Perencenaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing menjadi fokus dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Selain SDM, yang jadi perhatian serius adalah memperkuat ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas.

"Selanjutnya mengembangkan wilayah untuk kurangi kesenjangan dan meningkatkan pemerataan, memperkuat infratruktur untuk mendukung pembangunan ekonomi dan barang dasar. Memperkuat stabilitas polhuhamkam, dan transformasi layanan publik. Serta bangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan iklim dengan mengutamakan upaya pembangunan berkelanjutan," ujar Bambang Brodjo di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Menurut Mantan Menteri Keuangan itu, dengan RPJMN yang difokuskan hal tersebut maka bisa membuat Indonesia bisa bergerak maju. Bahkan, pertumbuhan ekonomi diyakini bisa tembus 6%. "Dengan begitu tahun 2020-2024, pertumbuhan ekonomi akan meningkat 5,4 sampai 6 persen per tahun. Tingkat kemiskinan, pengangguran, ketimpangan terus membaik dan keseteraan masyarakat terus meningkat," tuturnya.

Selain RPJMN, Bambang juga membuat Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada tahun 2020. RKP ini, terang dia merupakan bagian dari RPJMN 2020-2024. Adapun terdapat lima prioritas nasional dalam RKP 2020 yaitu, pertama pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan, kedua infrastruktut dan pemerataan wilayah. Ketiga, nilai tambah sektor rill, dan industrialisasi dan kesempatan kerja.

Keempat ketahanan pangan, air dan energin serta lingkungan hidup. Terakhir kelima, stabilitas pertahanan dan keamanan. "Dalam capai target pembangunan perlu daya gunakan infrastruktur untuk dorong pertumbuhan ekonomi. Kuncinya sesuai arahan Presiden yakni SDM berkualitas dan berdaya saing, terdidik dan berkarakter," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3789 seconds (0.1#10.140)