alexametrics

Hentikan Penurunan Empat Hari Beruntun, Wall Street Cetak Rebound

loading...
Hentikan Penurunan Empat Hari Beruntun, Wall Street Cetak Rebound
Wall Street mencetak rebound pada akhir perdagangan, untuk menghentikan penurunan beruntun selama empat hari terakhir. Foto/Ilustrasi
A+ A-
NEW YORK - Wall Street mencetak rebound pada akhir perdagangan, Jumat kemarin waktu setempat untuk menghentikan penurunan beruntun selama empat hari terakhir, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Menteri Keuangan (Menkeu) Steven Mnuchin mengatakan pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina "konstruktif."

Indeks acuan S&P 500 telah turun sebanyak 1,6% akan tetapi mampu bangkit dari sesi terendah, usai Mnuchin berbicara positif tentang negosiasi dua hari antara Amerika Serikat dan Cina. Ini menambah keuntungan setelah Trump menggemakan sentimen positif dalam serangkaian tweet-nya. Namun perbaikan indeks sedikit tertahan usai Mnuchin mengatakan tidak ada pembicaraan perdagangan lebih lanjut yang direncanakan seperti dilansir CNBC.

Meskipun dengan mencetak rebound pada hari Jumat, indeks S&P 500 dan Nasdaq mencatat persentase kerugian mingguan terbesar tahun ini. Sementara itu perkembangan terkini dalam hubungan perdagangan AS-China termasuk langkah AS menerapkan kembali bea impor tinggi untuk produk Negeri Tirai Bambu -julukan China- senilai USD200 miliar yang mulai berlaku pada Jumat, telah mendorong investor untuk bersiap menghadapi perang dagang.



Pada gilirannya konflik antara dua ekonomi terbesar di dunia, bakal memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global hingga mendorong pelarian ke aset berisiko rendah seperti obligasi pemerintah. Namun komentardari Gedung Putih membuat beberapa investor masih berharap pada akhirnya dapat tercapai perjanjian perdagangan antara Beijing dan Washington.

Dow Jones Industrial Average tercatat mengalami peningkatan hingga 114,01 poin yang setara 0,44% menjadi 25.942,37. Sedangkan indeks S&P 500 lebih tinggi mencapai sebesar 10,68 poin atau 0,37% untuk berakhir menyentuh level 2.881,4 serta mengiringi kinerja positif Komposit Nasdaq usai mendapatkan tambahan 6,35 poin atau 0,08% dan berada di posisi 7.916,94.

Sepanjang pekan ini, Dow Jone telah terjatuh hingga 2,12% sedangkan untuk S&P 500 turun 2,17% dan Nasdaq anjlok 3,03%. Saham Uber Technologies Inc merosot 7,6% setelah melakukan IPO untuk memulai debut perusahaan di pasar modal yang sudah lama dinanti-nantikan. Sementara Saham Symantec Corp anjlok 12,5% setelah pembuat perangkat lunak antivirus mengeluarkan peringatan penyusutan laba dan secara tak terduga mengumumkan chief executive officer mereka akan mundur.

Banyak produsen chip, yang mengoreksi pendapatan mereka dari China seperti indeks semikonduktor Philadelphia turun 5,8% untuk minggu ini. Volume perdagangan bursa saham AS pada akhir pekan yakni sebesar 7,44 miliar saham, sedikit lebih tinggi apabila dibandingkan dengan rata-rata 6,9 miliar dalam sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak