alexametrics

15 Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak

loading...
15 Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak
Pemandangan di Kota New York. Foto/CNBC
A+ A-
NEW YORK - Wealth-X, sebuah layanan informasi berbasis di London dan New York, kembali melakukan cacah jiwa alias sensus. Namun, sensus yang dilakukan lembaga yang berdiri pada 2010 itu bukan soal populasi penduduk terbanyak melainkan populasi miliarder terbanyak dalam suatu negara dan jumlah akumulasi kekayaan mereka.

Melansir dari Business Insider, Minggu (12/5/2019), Wealth-X menerbitkan Billionaire Census 2019, dimana laporan tersebut menganalisa data dari database global Wealth-X yang terdiri dari lebih satu juta orang terkaya di dunia.

Laporan mereka mencatat tiga perempat dari populasi miliarder di dunia tinggal di 15 negara. Secara kolektif jumlah kekayaan 1.942 miliarder dari 15 negara ini mencapai USD6,8 triliun, dan menyumbang 79% dari total kekayaan miliarder dunia di tahun 2018.



Dalam hal populasi miliarder, Amerika Serikat mendominasi dengan 27% miliarder dunia. Jumlah total miliardernya naik dari 2017 ke 2018 sebesar 4% menjadi 705 miliarder.

Namun, secara keseluruhan, total kekayaan miliarder di seluruh dunia pada 2018 menurun 5% atau sekitar USD3 triliun dibandingkan tahun 2017.

Untuk negara-negara Asia seperti China, Hong Kong, India, dan Singapura mengalami penurunan kekayaan miliarder karena penurunan pasar saham, menurut laporan tersebut.

Sementara itu, negara-negara Eropa mengalami penurunan kekayaan dan peringkat jumlah miliarder karena perlambatan ekonomi. Berikut 15 negara dengan populasi miliarder terbanyak di dunia versi Wealth-X:

15. Singapura

Jumlah miliarder: 39
Total kekayaan miliarder: USD84 miliar atau Rp1.202 triliun (kurs Rp14.321 per USD)
Singapura adalah salah satu negara kota terkaya di dunia. Total kekayaan pribadi penduduknya mencapai USD1 triliun, laporan Business Insider. Singapura juga salah satu kota termahal untuk biaya hidup di seluruh dunia.

14. Kanada

Jumlah miliarder: 45
Total kekayaan miliarder: USD87 miliar atau setara Rp1.245 triliun
Ricardo Tranjan, peneliti senior di Canadian Centre for Policy Alternatives (CCPA), mengatakan kepada media CBC, bahwa "orang-orang kaya di Kanada sangat menonjol" dibandingkan orang biasa. Laporan CCPA mengatakan keluarga kaya di Kanada memiliki rata-rata kekayaan USD3 miliar. Dan jumlah total kekayaan 45 miliarder itu setara dengan kekayaan gabungan tiga provinsi di Kanada.

13. Italia
Jumlah miliarder: 47
Total kekayaan miliarder: USD141 miliar atau setara Rp2.019 triliun
Meski gejolak politik di Italia belakangan ini menyulitkan ekonomi, namun Italia menjadi rumah bagi hampir 50 miliarder. Orang-orang super kaya di Italia banyak tinggal di kawasan pantai Amalfi, Portofino, Positano, Capri, Cinque Terre, Milan, dan Venesia.

12. Brasil
Jumlah miliarder: 49
Total kekayaan miliarder: USD154 miliar atau Rp2.205 triliun
Orang kaya Brasil menjadi lebih bijaksana tentang kekayaan mereka dalam beberapa tahun terakhir, laporan Financial Times. Sebagian besar miliarder negara itu tinggal di Sao Paulo.

11. Uni Emirat Arab
Jumlah miliarder: 55
Total kekayaan miliarder: USD165 miliar atau Rp2.362 triliun
Uni Emirat Arab merupakan pasar terkaya ke-26 di dunia menurut The Wealth-X 2018 Wealth Report. Kekayaan mereka ditopang dari Dubai, yang memiliki industri minyak yang kuat dan menjadi rumah bagi lebih setengah miliarder di Uni Emirat Arab.

10. Prancis

Jumlah miliarder: 55
Total kekayaan miliarder: USD195 miliar atau Rp2.792 triliun
Financial Times melaporkan banyak dari miliarder Prancis sukses dari bisnis fashion dan produk-produk mewah global, salah satunya pendiri dan CEO Mo√ęt Hennessy Louis Vuitton (LVMH), Bernard Arnault, yang menyumbangkan uang 200 juta euro atau setara Rp3,1 triliun untuk merenovasi Gereja Katedral Notre Dame yang terbakar pada pertengahan April lalu.

9. Arab Saudi

Jumlah miliarder: 57
Total kekayaan miliarder: USD147 miliar atau Rp2.105 triliun
Sebagian besar miliarder Arab Saudi memperoleh kekayaan melalui penjualan dan ekspor minyak bumi, menurut laporan Business Insider.

8. India
Jumlah miliarder: 82
Total kekayaan miliarder: USD284 miliar atau Rp4.067 triliun
Laporan lembaga nirlaba asal Inggris, Oxfam menyebut pertumbuhan miliarder di Negeri Anak Benua telah membuat jurang sosial melebar. Tahun 2017, 1% orang kaya di India menguasai 73% dari kekayaan negara. Kota Mumbai yang merupakan pusat bisnis dan keuangan menjadi rumah bagi kebanyakan miliarder di India.

7. Hong Kong
Jumlah miliarder: 87
Total kekayaan miliarder: USD259 miliar atau Rp3.709 triliun
Hong Kong memiliki beberapa real estat paling mahal di dunia dan kebanyakan orang super kaya di Hong Kong tinggal di rumah mewah dengan harga jutaan dolar AS, tulis Business Insider. Pada kuartal I 2018 lalu, harga rata-rata sebuah rumah di Hong Kong sebesar USD1,28 juta atau Rp18,3 miliar.

6. Swiss
Jumlah miliarder: 91
Total kekayaan miliarder: USD240 miliar atau Rp3.437 triliun
Menurut Culture Trip, kekayaan Swiss didorong dari kemampuan negara tersebut untuk berinovasi dan mengubah produk mentah menjadi barang mahal dan berharga yang menguasai pasar global, seperti coklat, jam tangan, dan perhiasan.

5. Inggris
Jumlah miliarder: 97
Total kekayaan miliarder: USD209 miliar atau Rp2.993 triliun
Laporan Wealth-X menulis secara keseluruhan kekayaan miliarder di Inggris turun 16% karena melemahnya pasar saham akibat Brexit. Adapun London masih menjadi tempat tinggal bagi kebanyakan populasi miliarder di Inggris.

4. Rusia
Jumlah miliarder: 102
Total kekayaan miliarder: USD335 miliar atau Rp4.797 triliun
Peningkatan kekayaan di Rusia seiring pemulihan ekonomi era Presiden Vladimir Putin dan kenaikan harga komoditas, terutama minyak dan gas bumi. Dan lebih dari setengah miliarder Rusia memilih tinggal di Moskow.

3. Jerman
Jumlah miliarder: 146
Total kekayaan miliarder: USD442 miliar atau Rp6.329 triliun
"Orang kaya Jerman itu super kaya," tulis media The Irish Times. Namun kendati super kaya, orang kaya di Jerman cenderung tidak mau memamerkan kekayaan mereka. Mereka lebih suka berinvestasi untuk meningkatkan kemampuan mereka.

2. China
Jumlah miliarder: 285
Total kekayaan miliarder: USD996 miliar atau Rp14.263 triliun
China merupakan negara ekonomi terbesar kedua di dunia dan menyumbang 12% dari kekayaan miliarder global. Sebagian besar miliarder di China memilih tinggal di Shenzhen dan Hangzhou. Namun menurut Wealth-X, belakangan jumlah kekayaan miliarder di China menurun akibat konflik dagang dengan Amerika Serikat, membuat permintaan barang di China menjadi lemah, sehingga menyebabkan volatilitas di pasar saham mereka.

1. Amerika Serikat
Jumlah miliarder: 705
Total kekayaan miliarder: USD3,013 triliun Rp43.149 triliun
Amerika Serikat merupakan negara paling dominan dengan jumlah miliarder terbanyak. Wealth-X melansir jumlah kekayaan bersih gabungan miliarder di AS melampaui total kekayaan miliarder dari delapan negara dalam daftar: Singapura, Kanada, Italia, Brasil, Uni Emirat Arab, Prancis, Arab Saudi, dan India.

Amerika Serikat menyumbang 27% dari populasi miliarder di dunia dan 35% dari kekayaan miliarder global. Kota New York, San Francisco, dan Los Angeles menjadi tempat pilihan tinggal dari kebanyakan miliarder di Negeri Uwak Sam.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak