alexametrics

Tren Suku Bunga Simpanan Perbankan Akan Stabil

loading...
Tren Suku Bunga Simpanan Perbankan Akan Stabil
LPS menerangkan, suku bunga simpanan yang mulai melandai dan berada di level stabil ini menunjukkan bahwa proses penyesuaian atas kenaikan suku bunga kebijakan moneter sepanjang 2018 telah berakhir. Foto/Michelle Natalia
A+ A-
JAKARTA - Berdasarkan data yang dikumpulkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), perkembangan suku bunga pasar simpanan (SBP) untuk benchmark rupiah terpantau turun 3 bps menjadi sebesar 6,04% pada periode observasi 5 April 2019 sampai dengan 7 Mei 2019). Pada periode yang sama, dilaporkan bahwa komponen Distance Margin naik 1 bps ke level 0,54%.

"Sementara untuk SBP valas terpantau mengalami kenaikan menjadi 1,24% pada periode observasi 11 April 2019 hingga 7 Mei 2019, sementara distance marginnya terpantau tetap pada 0,25% dalam periode yang sama," ujar Ketua LPS Halim Alamsyah di Jakarta pada Senin (13/5/2019).

Sambung dia menerangkan, suku bunga simpanan yang mulai melandai dan berada di level stabil ini menunjukkan bahwa proses penyesuaian atas kenaikan suku bunga kebijakan moneter sepanjang tahun 2018 telah berakhir. Halim juga menambahkan, kondisi distance margin yang merupakan representasi intensitas persaingan antar bank menunjukkan tren stabil.



"Adanya perubahan ekspektasi lebih 'dovish' terhadap suku bunga The Fed dan bank sentral lainnya potensial mempengaruhi respon suku bunga kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) di sepanjang tahun 2019," paparnya,

Kondisi ini, menurut LPS, memberikan sinyal bahwa suku bunga simpanan perbankan akan relatif stabil. "Di sisi lain, tren suku bunga pinjaman akan dipengaruhi pula oleh ekspansi kredit, DPK, serta keseimbangan kondisi likuiditas perbankan," imbuhnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak