alexametrics

Sri Mulyani: Digital Jadi Peluang Keluar dari Middle Income Trap

loading...
Sri Mulyani: Digital Jadi Peluang Keluar dari Middle Income Trap
Sri Mulyani mengatakan dengan memanfatkan betul Industri 4.0 bisa membuat Indonesia keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mendorong, perkembangan teknologi digital harus mampu diikuti oleh semua instansi pemerintahan yang merupakan perubahan dalam revolusi industri 4.0. Alasannya menurut Menkeu, dengan memanfatkan betul Industri 4.0 bisa membuat Indonesia keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap) dan menjadi negara dengan pendapatan tinggi.

"Industri 4.0 ini, muncul teknologi digital dan internet menjadi peluang besar negara keluar dari middle income trap," ujar Menkeu Sri Mulyani dalam acara One Hour University di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dia menambahkan, dunia saat ini terus terjadi perubahan. Perubahan 100 tahun terakhir tidak bisa diakselerasikan dengan tahun-tahun lalu, karena tidak didorong teknologi.



"Saya asumsikan ASN-nya di sini milenial. Kalau di kita 70% milenial. Dan kalau Anda generasi milenial anda beruntung karena masih muda. Bisa menikmati dan mungkin pelaku penting perubahan dunia," kata dia.

Menurutnya revolusi 4.0 itu memungkinkan banyak negara emerging untuk catch up sehingga harus dimanfaatkan betul. "Karena memang suatu negara, bangsa kita semua liat langsung betapa dunia ini berubah sangat cepat apakah itu makhluk, institusi, apabila tidak lakukan inovasi akan punah," paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak