alexametrics

Rupiah Berakhir Terkapar ke Rp14.460/USD, Pounds Mendatar

loading...
Rupiah Berakhir Terkapar ke Rp14.460/USD, Pounds Mendatar
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Rabu (15/5/2019) terkapar semakin parah hingga menyentuh kisaran level Rp14.460/USD. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Rabu (15/5/2019) terkapar semakin parah hingga menyentuh kisaran level Rp14.460/USD. Rupiah yang tak berdaya di zona merah mengiringi Pounds yang juga masih berada dalam jangkauan level terendah dalam dua minggu.

Data Yahoo Finance hingga sesi sore menunjukkan rupiah jatuh hingga Rp14.460/USD atau memburuk dari sebelumnya Rp14.433/USD. Pergerakan harian rupiah pada tengah pekan hari ini berada pada kisaran Rp14.425 hingga Rp14.460/USD.

Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange juga ambruk menjadi Rp14.463/USD dibandingkan sesi penutupan Selasa, kemarin Rp14.434/USD. Rupiah hari ini bergerak di antara Rp14.437-Rp14.463/USD.



Berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah merosot tajam untuk terkapar ke level Rp14.465/USD dari sebelumnya Rp14.455/USD. Sentimen eksternal membuat dolar terus kokoh untuk menekan mata uang rivalnya termasuk rupiah yang semakin tergerus.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah tertahan pada zona merah menjadi Rp14.448/USD untuk menjadi sinyal keterpurukan mata uang Garuda. Posisi ini memperlihatkan rupiah tak berdaya usai sebelumnya berada pada level Rp14.444/USD.

Di sisi lain, Pounds tetap dalam jangkauan level terendah dua pekan pada perdagangan Rabu dan investor mengantisipasi kemungkinan Perdana Menteri Theresa May bakal mengajukan proposal Brexit untuk ditunda lagi bulan depan. Terpantau Pounds telah mengalami penyusutan hingga 1% sepanjang bulan ini seiring pembicaraan lintas-partai menemui jalan buntu yang memunculkan perpecahan politik tentang bagaimana, kapan dan bahkan jika Brexit harus terjadi.

Pounds pada sesi perdagangan hari ini, Poundsterling diperdagangkan naik tipis 0,1% terhadap dolar AS menjadi 1,2916. Sedangkan saat menghadapi euro tercatat Pounds cenderung mendatar pada posisi 86,80 ketika telah jatuh beruntun selama tujuh hari beruntun terhadap dolar. Pounds tetap tak berdaya lawan USD, meskipun sebagian besar data ekonomi di Inggris cukup solid dalam beberapa bulan terakhir.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak