AP II Pastikan Kesiapan Bandara Layani Ibu Kota Baru di Kalimantan

Jum'at, 17 Mei 2019 - 00:11 WIB
AP II Pastikan Kesiapan Bandara Layani Ibu Kota Baru di Kalimantan
AP II Pastikan Kesiapan Bandara Layani Ibu Kota Baru di Kalimantan
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) menilai dua bandara di Kalimantan siap mendukung jika ibu kota negara dipindah ke Palangkaraya. Dua bandara tersebut berada di Pontianak dan Palangkaraya.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan bisa meningkatkan traffic. Untuk itu, Angkasa Pura II mendukung jika memang Kalimantan yang ditunjuk.

"Kita ada dua bandara di Kalimantan yaitu Pontianak dan Palangkaraya. Ada juga beberapa bandara lain yang berpotensi dikerjasamakan. Pola distribusi traffic akan naik. Pusat pemerintahan bergeser akan memperkaya distribusi traffic," ujar Muhammad di Jakarta, Kamis (16/5).

Dia menerangkan, Angkasa Pura II saat ini tengah menjadi operator di bandara pemerintah dimana salah satunya Bandara Palangkaraya dengan luas 340 hektar. "Kapasitas bandara itu 3 juta. Kalau modal dasarnya sudah sangat siap (melayani ibu kota baru)," tuturnya.

Menurutnya, dengan waktu lima hingga tujug tahun ke depan, desain perluasan terminal hingga pengembangan ultimate di terminal Cilikriwut sangat mendukung. Hanya saja, jika ditanya kesiapan bandara sekarang tentu potensinya masih terbatas.

"Sekarang Palangkaraya memang jadi hub traffic dikarenakan dari luar pulau dan dari Kalimantan ke daerah. Kalau kita lihat ke depan, kita tetap optimis dengan posisi Angkasa Pura II tetap tumbuh pola ini akan sangat berwarna," tuturnya
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8366 seconds (0.1#10.140)