alexametrics

Trilogi Maritim Akan Turunkan Biaya Logistik Nasional

loading...
Trilogi Maritim Akan Turunkan Biaya Logistik Nasional
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (IPC), Elvyn Masassya. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) mengatakan implementasi Trilogi Maritim atau jaringan pelabuhan yang terintegrasi (integrated port network) akan menurunkan biaya logistik nasional. Konsep ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menurunkan biaya logistik sebesar 4,9% dalam tiga tahun ke depan.

Namun, sejauh ini ada sejumlah tantangan dalam menurunkan biaya logistik nasional. Seperti belum optimalnya jaringan pelayaran, belum adanya standarisasi pelabuhan, serta masih tingginya inefisiensi transportasi darat. Dengan Trilogi Maritim, hambatan-hambatan itu bisa ditekan.

"Tahun 2018, biaya logistik nasional sebesar 23,6% dari total produk domestik bruto. Kami yakin dengan Trilogi Maritim, biaya logistik turun menjadi 18,7% pada tahun 2022," ujar Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (IPC), Elvyn Masassya di Jakarta, Kamis (16/5/2019).



Konsep Trilogi Maritim mencakup tiga pilar, yaitu standarisasi pelabuhan, aliansi pelayaran dan industri yang terakses baik dengan pelabuhan. Dalam hal standarisasi pelabuhan, perlu ada kualitas standar, baik fisik maupun teknologi yang digunakan.

"Sejak 2016, kami melakukan standarisasi pelabuhan dengan menitikberatkan pengembangan fisik serta digitalisasi, sehingga layanan dan operasional lebih cepat dan mudah. IPC terus melakukan transformasi untuk menjadi fasilitator perdagangan," ujarnya.

Sementara itu, terkait kesiapan arus mudik Lebaran 2019, Elvyn memastikan bahwa semua pelabuhan yang dikelola IPC siap menyambut kedatangan dan keberangkatan para pemudik. Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok, IPC memberikan fasilitas mudik gratis untuk 2.000 pemudik tujuan Batam dan Surabaya dengan kapal laut.

"Selain itu, kami memfasilitasi sekitar 22 ribu pemudik tujuan Jawa dan Sumatra. IPC menyiapkan 406 bus berstandar pariwisata dengan tujuan beberapa kota utama di Jawa dan Sumatra. Mudik gratis bersama IPC Grup 2019 juga memberikan layanan angkutan balik bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta setelah berlebaran," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak