alexametrics

Bank Indonesia Siapkan Langkah Kuatkan Nilai Tukar Rupiah

loading...
Bank Indonesia Siapkan Langkah Kuatkan Nilai Tukar Rupiah
Bank Indonesia (BI) bakal mengeluarkan obat kuat untuk membuat nilai tukar rupiah perkasa yakni dengan intervensi ganda. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bakal mengeluarkan obat kuat untuk membuat nilai tukar rupiah perkasa. Pasalnya, mata uang Garuda terus mengalami pelemahan selama seminggu terakhir.

Lebih lanjut Ia mengatakan, BI akan selalu berada di pasar untuk melakukan langkah stabilisasi nilai tukar Rupiah dengan intervensi ganda, baik melalui pasar valas di spot maupun Domestic Non Delivery Forward (DNDF). Demikian juga pembelian surat berharga negara (SBN) dari pasar sekunder.

"Dengan tetap menjaga mekanisme pasar. Itu yang terus kita lakukan sehingga selain men-supply di valasnya juga membeli SBN dari pasar sekunder," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (17/5/2019).



Selain itu sambung dia, BI juga melakukan koordinasi khususnya dalam memastikan prospek ekonomi ke depan. BI akan mendorong ekspor, pariwisata, investasi swasta dalam negeri. Adapun, Perry juga mencermati tingkat imbal hasil (yield) SUN tenor 10 tahun yang mulai mengalami kenaikan menyentuh titik 8,02%. Sementara, yield US Treasury tenor 10 tahun juga naik 3,9%.

Di sisi lain, Perry juga menegaskan akan selalu memastikan kondisi likuiditas perbankan di dalam negeri lebih dari cukup. Hal ini menurutnya ditunjukkan oleh rasio alat likuid per dana pihak ketiga (DPK) yang berada pada level 21,1%, terus meningkat sejak kuartal IV-2018. "Tidak ada masalah likuiditas perbankan. Kami juga terus melakukan strategi operasi moneter untuk memastikan likuiditas," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak