alexametrics

Rupiah Dibuka Terus Menanjak Naik, Euro Stabil

loading...
Rupiah Dibuka Terus Menanjak Naik, Euro Stabil
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Senin (27/5/2019) dibuka terus menanjak naik untuk semakin nyaman berdiri di zona hijau. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Senin (27/5/2019) dibuka terus menanjak naik untuk semakin nyaman berdiri di zona hijau. Tren positif mata uang Garuda mengiringi laju euro yang juga cenderung stabil.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi ini dibuka menguat ke posisi Rp14.360/USD. Level tersebut memperlihatkan rupiah balik melawan usai kinerja akhir pekan kemarin berakhir di Rp14.451/USD.

Data Yahoo Finance justru menunjukkan perbaikan pada rupiah di sesi pagi perdagangan menjadi Rp14.355/USD dengan pergerakan harian Rp14.340 hingga Rp14.484/USD. Peringkat tersebut menjadi sinyal pemulihan rupiah dibandingkan sebelumnya Rp14.385/USD.



Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange juga merayap tipis untuk lebih tinggi ke level Rp14.351/USD dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp14.391/USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.351-Rp14.360/USD.

Berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah masih berkutat di zona merah untuk ambruk menuju level Rp14.491/USD dan terus tenggelam. Sebelumnya rupiah juga lesu saat berhadapan dengan USD di level Rp14.415/USD.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, Euro bertahan pada zona hijau di perdagangan Senin pagi setelah partai-partai pro-Uni Eropa lebih banyak fragmentasi daripada sebelumnya untuk mempertahankan dua pertiga kursi dalam pemilihan parlemen Uni Eropa. Hal itu membatasi keuntungan lawan-lawan nasionalis.

Mata uang euro diperdagangkan pada posisi 1,1211 terhadap USD di perdagangan Asia, atau berada di dekat level tertinggi dalam satu setengah minggu. Perdagangan terlihat tenang pada Senin karena hari libur pasar di London dan New York, membatasi pergerakan pasangan mata uang lainnya.

USD diperdagangkan pada posisi 109,45 saat melawan yen, naik 0,15%. Minat beli dari investor Jepang cukup kuat ketika dolar turun dekat 109 saat melawan yen, kata Mitsuo Imaizumi, kepala strategi mata uang di Daiwa Securities.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak