alexametrics

Pemudik Lewat Angkutan Laut Meningkat 20%

loading...
Pemudik Lewat Angkutan Laut Meningkat 20%
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/Indonesia Port Corporation (IPC), Elvyn G Masassya, saat meninjau pelaksanaan Pasar Sembako Murah di depan Masjid Al Khodamutaqwa, Pelabuhan Tanjung Priok. Foto/Nuriwan
A+ A-
JAKARTA - Masyarakat yang mudik dengan menggunakan moda transportasi laut pada arus mudik Lebaran tahun 2019 ini meningkat 15% hingga 20% bila dibandingkan dengan jumlah arus mudik jalur laut Lebaran tahun 2018 lalu. Meski belum diketahui persis apakah kenaikan ini merupakan imbas dari masih mahalnya tiket pesawat terbang. Sehingga masyarakat mengalihkan pilihan angkutan mudik dari angkutan udara ke angkutan laut.

“Saya tidak tahu apakah karena harga tiket pesawat mahal atau bukan, namun yang pasti pada tahun ini mereka yang berminat mudik dengan menggunakan moda transportasi laut meningkat. Pengguna terminal penumpang yang mudik melalui laut meningkat antara 15% hingga 20%,” ungkap Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/Indonesia Port Corporation (IPC), Elvyn G Masassya, saat meninjau pelaksanaan Pasar Sembako Murah di depan Masjid Al Khodamutaqwa, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menurut Elvyn, dalam arus mudik tahun ini, IPC menyiapkan seluruh pelabuhan yang memiliki terminal penumpang. Khusus di Jakarta, selain menyiapkan penyeberangan umum, IPC juga menyiapkan program mudi k lewat kapal. “IPC sudah mengalokasikan 2.000 tiket gratis kepada pemudik dari Jakarta ke Surabaya dan Batam melalui kapal. Pemberangkatan sudah dimulai sejak Minggu malam (26/5/2019),” jelas Elvyn.



Di luar itu, kata Elvyn, IPC juga menyiapkan 22.000 tiket gratis bus untuk mudik ke 12 kota di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. “Ini adalah bagian dari program mudik gratis IPC untuk masyarakat,” ujar dia.

Elvyn menyebutkan, kuota 22.000 tiket gratis sudah terpenuhi, untuk keberangkatan bus mulai tanggal 29 Mei 2019. Ada pun diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 29,30, 31 Mei dan 1 Juni 2019.

Dia mengatakan, selain menyediakan program mudik gratis, untuk melayani masyarakat yang tidak menikmati mudik gratis ini, IPC juga menyiapkan peningkatan pelayanan di pelabuhan-pelabuhan. “Seperti disiapkan posko kesehatan, pemberian takjil untuk buka puasa gratis, sebagai bagian kami mengajak masyarakat turut menjalankan ibadah puasadan bergembira menyambut Ramadhan,” pungkas Elvyn.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak