Hari Ini Kucuran Kredit buat Si Kecil Mencapai Rp18,13 Miliar

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 21:30 WIB
loading...
Hari Ini Kucuran Kredit buat Si Kecil Mencapai Rp18,13 Miliar
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah mencatat total kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan oleh Lembaga Penyalur KUR pada hari ini mencapai Rp18,13 miliar. Jumlah itu diberikan kepada sebanyak 136 debitur.

Menariknya, penyaluran KUR hari ini dilakukan secara live di beberapa lokasi kantor lembaga penyalur KUR, antara lain Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, BPD Bali, BCA, Bank Mandiri Selain itu, lembaga penjamin KUR seperti PT Askrindo dan PT Jamkrindo juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonimian Airlangga Hartato mengatakan sinergi yang kuat antara program pemerintah melalui Kemenko Perekonomian dengan Pemerintah Daerah, penyalur KUR, dan penjamin KUR dalam membangkitkan kembali aktivitas usaha UMKM dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Saya berharap upaya optimalisasi penyaluran KUR kepada UMKM ini dapat memperkuat ekonomi lokal untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” tutur Airlangga di Jakarta, Sabtu (22/8/2020). ( Baca juga:Permintaan Rumah Subsidi Naik Gila-Gilaan, Pertanda Apa? )

Sementara itu, realisasi penyaluran KUR secara keseluruhan hingga 31 Juli 2020 mencapai sebesar Rp89,2 triliun diberikan kepada 2,67 juta debitur. Total outstanding KUR sudah sebesar Rp167,87 triliun dengan NPL tetap terjaga yaitu 1,07%.

Pemerintah sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk memulihkan UMKM pada masa pandemi,di antaranya melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan alokasi anggaran untuk UMKM sebesar Rp123,46 triliun dari total biaya penanganan Covid-19 Rp695,20 triliun.

“Program PEN terus didorong untuk membantu masyarakat produktif memulihkan dan membangkitkan UMKM dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi, mengingat peranan UMKM yang sangat besar bagi perekonomian,” ujar Airlangga.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)