alexametrics

Pantau Arus Mudik, Budi Karya Memilih Tidak Ambil Cuti Lebaran

loading...
Pantau Arus Mudik, Budi Karya Memilih Tidak Ambil Cuti Lebaran
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan arus mudik di Stasiun Gambir. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan cuti bersama dan libur nasional Hari Raya Lebaran 2019, mulai tanggal 3-7 Juni. Namun tidak semua aparat negara mengambil kesempatan cuti bersama ini. Salah satunya adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi memutuskan untuk tidak mengambil cuti Lebaran yang dimilikinya. Keputusan ini karena ia harus terus memantau arus mudik dan arus balik masa angkutan Lebaran 2019.

Bersama dengan koleganya, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menhub Budi akan menyusuri tol Trans Jawa dan beberapa ruas tol lainnya. Hal ini untuk memantau kondisi jalan tol untuk pemudik.



"Lebaran tahun ini, saya tidak ambil jatah libur. Karena saya harus memperhatikan beberapa ruas tol agar pemudik merasa nyaman dalam perjalanan silaturahminya. Saya akan melakukan sidak dan melihat perkembangan mudik," ujar Budi di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Selain memanatu arus mudik, Budi Karya juga memperhatikan keberadaan posko mudik di jalan tol sebagaimana periode Lebaran sebelumnya. Ia memuji keberhasilan posko mudik tahun lalu, dan akan dicontoh dan ditingkatkan pelayanannya.

Posko mudik tahun lalu mendapat apresiasi dari masyarakat dan ini merupakan komitmen untuk meningkatkan pelayanan mudik kepada masyarakat. Karena itu, Budi Karya ingin pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019 berjalan lebih baik dari periode tahun sebelumnya.

Salah satu yang terus menjadi perhatian adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor. "Pemudik yang menggunakan sepeda motor tetap menjadi fokus kami. Diperkirakan angkanya masih tinggi. Kami mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor demi memperhatikan masalah keselamatan," ujarnya.

Untuk menekan pemudik menggunakan sepeda motor, seperti tahun-tahun sebelumnya, lembaga pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta menggelar acara mudik bareng gratis.

Di sisi lain, menurut Menhub, Angkutan Lebaran tahun ini telah didukung dengan prasarana yang lebih baik seiring tersambungnya tol Trans Jawa dari Merak ke Probolinggo.

"Meski telah tersambung ini menjadi tantangan tersendiri. Kami patut memperhatikan kondisi jalan akses tol menuju jalan nasional, rest area, kantong parkir yang kurang memadai, ketidakdisplinan masyarakat, dan kondisi cuaca," ungkapnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak