1.300 Pemudik Pulang Kampung Gratis Bareng Asabri

Jum'at, 31 Mei 2019 - 13:00 WIB
1.300 Pemudik Pulang Kampung Gratis Bareng Asabri
1.300 Pemudik Pulang Kampung Gratis Bareng Asabri
A A A
JAKARTA - Menjelang Lebaran tahun ini, PT Asabri (Persero) memberangkatkan 1.300 pemudik dari Jabodetabek ke kampung halamannya secara gratis.

Mudik Asik Gratis Asabri ini merupakan bagian dari Program Mudik Bareng BUMN 2019. Para pemudik dilepas oleh Direktur Utama PT Asabri Sonny Widjaja di halaman Gedung Asabri di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Jumat (31/5).

Sonny didampingi Direktur SDM dan Umum Asabri Herman Hidayat, Direktur Keuangan Hari Setianto, Direktur Operasi Adiyatmika dan Sekretaris Perusahaan Djoko Rachmadhy.
Acara tersebut dihadiri pula para unsur muspida Jakarta Timur.

Asabri mengerahkan 27 bus executive dengan tujuan ke empat kota yakni Solo (8 bus, 389 orang), Semarang (6 bus, 286 orang), Yogyakarta (6 bus, 290 orang) dan Surabaya (7 bus, 335 orang).

Para pemudik sebelumnya telah mendaftarkan diri ke Asabri pada April 2019. Baru tiga hari dibuka, semua kursi yang tersedia sudah terisi penuh.

Sonny mengatakan, Mudik Asyik Gratis ini merupakan wujud konsistensi jajaran Kementerian BUMN untuk meringankan beban dan membantu masyarakat yang akan mudik. "Alhamdulillah tahun ini Asabri bisa memberangkatkan pemudik lebih banyak dibanding tahun lalu," kata Sonny.

Pada Lebaran 2018, jumlah pemudik yang diberangkatkan Asabri dalam Mudik Asyik Gratis sebanyak 1.000 orang dengan 21 bus.

Demi keamanan dan kenyamanan para pemudik, semua pengemudi bus yang disediakan oleh Asabri telah mengikuti sosialisasi defensive driving dan safety riding serta pemeriksaan kesehatan. Semua kendaraan pun telah lulus cek kelaikan.

Bus mudik Asabri berjenis Big Bus Jetbus 3 2018 dan SHD+ 2017 dengan kondisi masih baru. Setiap bus berkapasitas 50 kursi sehingga cukup lega bagi pemudik. Fasilitasnya pun lengkap seperti LCD TV, full AC dan USB charger untuk mengisi daya baterai ponsel.

Para pemudik juga dibekali souvenir, obat-obatan, snack dan asuransi jiwa.

"Ini bentuk sinergitas antar-BUMN dengan slogan 'BUMN Hadir untuk Negeri'. Diawali niat bersama melakukan sesuatu untuk kepentingan rakyat, khususnya yang kurang mampu. Kami ikut berperan memeriahkan tradisi bangsa yaitu pulang kampung saat Lebaran dan silaturahmi dengan keluarga. Semoga menjadi berkah untuk kita semua," kata Sonny.

Sehari sebelumnya, Kamis (30/5), Menteri BUMN Rini M Soemarno melepas secara simbolis 104 bus dari 104 BUMN yang terlibat dalam Program Mudik Bareng BUMN 2019 di area Gelora Bung Karno, Jakarta. Salah satunya adalah bus dari Asabri.

“Tujuan kita antara lain memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin merayakan hari raya bersama keluarga. Kemudian mengalihkan pengguna sepeda motor ke transportasi massal, sehingga bisa menekan angka kecelakaan,” ujar Rini.

Jumlah total pemudik yang diberangkatkan oleh BUMN tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya dari 203.502 orang menjadi 250.474 orang.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5088 seconds (0.1#10.140)