Perry Warjiyo: Pergerakan Rupiah Kembali Stabil

Jum'at, 31 Mei 2019 - 14:23 WIB
Perry Warjiyo: Pergerakan Rupiah Kembali Stabil
Perry Warjiyo: Pergerakan Rupiah Kembali Stabil
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, pergerakan nilai tukar rupiah telah kembali stabil seiring dengan transaksi Domestic Non Deliverable Forward (DNDF). Fleksibilitas diberikan BI melalui penyesuaian underlying transaksi untuk penjualan valuta asing terhadap Rupiah melalui transaksi DNDF yang dilakukan oleh nasabah atau pihak asing.

"Investor asing confidentnya tetap tinggi dan memang stabilitas nilai tukar rupiah dan kemarin Rupiah ditutup 14.395 dan hari ini bergerak stabil terlihat pada SBN dan pergerakan nilai tukar rupiah terkendali," ujar Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Para pelaku pasar dapat melakukan hedging atas kebutuhan pembelian valas melalui transaksi DNDF dan melakukan pembelian valas melalui transaksi spot. Melalui hal itu, menurutnya rupiah dapat melaju stabil dan Perry memberikan apresiasi terhadap para investor dan eksportir yang telah menjaga rupiah.

"Alhamdullilah pasar uang dan valas bergerak sangat baik supplai dan demand tumbuh. Terima kasih kepada eksportir dan perbankan dan begitu giat untuk bertranskasi di pasar valas," jelasnya.

Sebagai informasi, pada pasar mata uang terlihat kurs rupiah masih menjaga tren penguatan meski terbatas, menurut Yahoo Finance, rupiah pada perdagangan sesi I berada di posisi Rp14.373/USD atau naik tipis dari posisi penutupan sebelumnya Rp14.410/USD. Rupiah bergerak pada kisaran level Rp14.365 hingga Rp14.484/USD.

Sementara, data SINDOnews bersumber dari Limas menunjukkan, rupiah siang ini menguat ke level Rp14.379/USD. Rupiah terlihat mencoba melawan dibandingkan penutupan kemarin di level Rp14.432/USD.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7833 seconds (0.1#10.140)