alexametrics

Tips Atur Keuangan usai Lebaran agar Kondisi Finansial Aman

loading...
Tips Atur Keuangan usai Lebaran agar Kondisi Finansial Aman
Pengelolaan keuangan menjadi kunci agar tak bangkrut sehabis Lebaran. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Berbagai kegiatan selama Lebaran tanpa disadari juga turut mengubah kondisi tabungan. Jadi tak perlu heran saat kembali memeriksa saldo, angkanya terlihat menipis bahkan nyaris habis.

Nah agar keuangan kembali membaik dan Anda bisa meningkatkan saldo tabungan, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips seputar keuangan pasca-Lebaran dari Perancang Keuangan Eko Endarto ini.

1. Catat Seluruh Pengeluaran Selama Lebaran.
Hal yang paling pertama perlu Anda lakukan untuk mengatur keuangan pasca-Lebaran adalah mencatat seluruh pengeluaran Anda selama Lebaran.



"Jadi harus dihitung pengeluaran biaya anda, ingat, seluruhnya seperti membeli baju Lebaran, biaya perjalanan mudik, hingga hal-hal yang mungkin Anda lewatkan," kata Eko.

Untuk mempermudah, Anda bisa mengecek kembali pengeluaran dengan melihat bon-bon atau kuitansi yang Anda miliki. Dari sini, Anda dapat melihat seberapa besar pengeluaran kemarin, sisa dana yang dimiliki, serta memperhitungkan kebutuhan dana apa yang perlu Anda persiapkan untuk bulan depan.

2. Hitung Dana yang Tersisa
Membuat rencana keuangan kedepannya, yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah menghitung dana yang tersisa. Meskipun terdengar mudah, terkadang pada tahap ini Anda justru melupakan dana yang "tidak terlihat" seperti utang kartu kredit atau piutang yang mungkin ada pada kerabat.
Jangan lupa untuk mengecek ulang dan memastikan jumlah sisa dana yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa membuat perencanaan yang lebih matang.
3. Atur alokasi dana.
Jika pengeluaran Lebaran Anda sampai mengganggu dana darurat, usahakan untuk memprioritaskan agar dana tersebut kembali utuh terlebih dahulu. "Begitu Anda menerima gaji, langsung alokasikan uang tersebut untuk membayar utang Anda," katanya.

4. Kurangi Pengeluaran
Penting dilakukan adalah mengurangi pengeluaran sehingga kondisi keuangan segera pulih. Caranya bisa dengan yang mudah-mudah terlebih dahulu, seperti membawa bekal ketimbang membeli makan siang di luar atau menghabiskan akhir pekan dengan streaming film daripada nonton bioskop.

Di akhir bulan, sisa uang yang telah Anda hemat pun dapat digunakan untuk mengembalikan kondisi tabungan atau membayar utang harus segera dilunasi.

5. Buat Rencana Tabungan.
Agar Lebaran Anda pada tahun depan tidak diakhiri dengan kondisi dompet yang menipis, mulailah buat rencana tabungan untuk Lebaran dari jauh-jauh hari.

Jadi, alih-alih harus merogoh dana darurat untuk keperluan Lebaran, Anda bisa mengatur anggaran dengan lebih tenang karena sudah memiliki tabungan khusus Lebaran.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak