alexametrics

Wall Street Jatuh Setelah Trump Mengancam Tarif Baru ke Meksiko

loading...
Wall Street Jatuh Setelah Trump Mengancam Tarif Baru ke Meksiko
Wall Street ditutup melemah. Foto/CNBC
A+ A-
NEW YORK - Pasar saham Amerika Serikat alias Wall Street ditutup jatuh pada Jumat waktu setempat, karena investor khawatir akan ancaman kejutan tarif dari Presiden AS, Donald Trump, kepada semua produk impor Meksiko. Hal ini menambah ketegangan baru perang dagang, setelah sebelumnya masih memburuk dengan China.

Melansir dari CNBC, Sabtu (1/6/2019), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup lebih rendah 354,84 poin menjadi 24.815,04, sementara S&P 500 turun 1,3% menjadi 2.752,06. Nasdaq jatuh 1,5% ke level 7.453,15.

Sepanjang bulan Mei, indeks S&P 500 telah turun 6,6% karena volatilitas saham yang melonjak, dan memburuknya pembicaraan perdagangan dengan China.



"Bom perdagangan terbaru Presiden Trump mungkin bisa dijinakkan dengan komitmen kedua negara pada keamanan perbatasan. Tapi ancaman ini tetap dapat merusak pada beberapa tingkat," kata Krishna Guha, kepala kebijakan global dan strategi bank sentral di Evercore ISI.

Krishna menambahkan, ancaman ini menunjukkan kebijakan perdagangan Trump sangat tidak pasti dan tidak stabil. Dan hal ini bisa berdampak pada sistem perdagangan global. Karena sebelumnya, Trump juga melakukan ancaman terhadap China, Uni Eropa, dan Jepang.

Akibat dari ancaman ini, saham-saham otomotif AS mengalami "mogok". Karena perusahaan otomotif AS memiliki produksi signifikan di Meksiko. Saham Fiat Chrysler jatuh 5,8%, General Motors turun 4,25%, dan Ford kehilangan 2,3%.

Selain itu, saham perusahaan kereta api Kansas City Southern dan Union Pacific juga turun masing-masing 4,5% dan 2%. Saham perusahaan pembuat bir Corona dan Modelo, yaitu Constellation Brands turun 5,9%.

Hal ini ditambah imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun yang turun ke posisi 2,13%, terendah sejak 2017, berbanding awal Mei yang berada di atas 2,5%. Ancaman tarif juga membuat dolar AS merosot lebih dari 2% terhadap peso Meksiko menjadi 19,62 peso per USD.

Pada Kamis malam, Trump mengumumkan AS akan mengenakan tarif 5% untuk semua impor produk Meksiko mulai 10 Juni hingga imigrasi ilegal melintasi perbatasan dihentikan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak