alexametrics

Kemenko Perekonomian Siapkan Tim Ahli untuk Dorong Ekspor

loading...
Kemenko Perekonomian Siapkan Tim Ahli untuk Dorong Ekspor
Pemerintah menyiapkan tim ahli untuk mendongkrak kinerja ekspor dan investasi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan menyiapkan beberapa kebijakan yang minggu depan akan ditindaklanjuti bersama para menteri terkait.

"Ada empat hal yang akan mewarnai kebijakan-kebijakan perekonomian kedepannya, yaitu mendorong ekspor, peningkatan investasi, substitusi impor, dan peningkatan devisa," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Susiwijono di Jakarta, Senin (10/6/2019).

Susiwijono menjelaskan bahwa Kemenko Perekonomian juga akan berfokus untuk mendorong vokasi. Selain itu, akan difokuskan juga dalam kebijakan terkait fasilitas perpajakan untuk sumber daya manusia (SDM) dan riset, terlebih ada revisi PP No 94 Tahun 2010 yang sedang dalam tahap finalisasi dan RPP terkait fasilitas fiskal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).



"PP ini sudah diajukan oleh Menteri Keuangan ke Sekretaris Negara, sekarang sedang kami kejar penyelesaian paraf di 5 menteri, mudah-mudahan hari ini (10/6) selesai dengan penandatanganan oleh Presiden Joko Widodo dan Menkeu sudah menyiapkan PMK nya," lanjutnya.

Susiwijono menjelaskan bahwa kondisi perekonomian global yang tidak stabil dan melambat harusnya mendorong kita untuk bersama-sama mengambil langkah konkret untuk mendongkrak ekspor kedepannya.

"Kemenko sudah menyiapkan desain kebijakannya, tapi khusus untuk peningkatan ekspor, dulu pernah ada tim PEPI (Peningkatan Ekspor Peningkatan Investasi). Tim ini akan direvitalisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan sekarang, yang pasti akan melibatkan seluruh stakeholder ekspor kita," tandas Susiwijono.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak