S&P Naikan Peringkat Utang RI, Kepercaayan Investor Asing Meningkat

Senin, 10 Juni 2019 - 15:59 WIB
S&P Naikan Peringkat Utang RI, Kepercaayan Investor Asing Meningkat
S&P Naikan Peringkat Utang RI, Kepercaayan Investor Asing Meningkat
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan kenaikan rating dari lembaga pemeringkat internasional seperti S&P akan berdampak positif bagi ekonomi Indonesia. Pasalnya hal itu bakal membuat kepercayaan investor asing terhadap prospek ekonomi Indonesia akan semakin meningkat.

"Alhamdulillah ada dua hal yang menonjol dari kenaikan rating ini, ini adalah karunia Allah yang betul-betul sangat besar terhadap Indonesia. Kemudian confidence S&P terhadap prospek ekonomi Indonesia itu baik," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Senin (10/6/2019).
(Baca Juga: Gubernur BI Ungkap Faktor Penguatan Rupiah di Awal Pekan Juni)
Dia menyampaikan, saat ini kebijakan yang diambil oleh pemerintah seperti reformasi struktural berjalan dengan baik. Untuk itu, pemerintah mendorong ekspor, dan kemudian turut memacu industri dalam negeri, mendatangkan modal asing hingga memperbaiki iklim investasi.

"Hal-hal tersebut yang menunjukkan kepercayaan dari lembaga pemeringkat seperti S&P sehingga menaikkan peringkat Indonesia. Prospek perekonomian Indonesia akan lebih baik karena kredibilitas kebijakan yang diambil juga sangat kuat," jelasnya

Sebagai informasi,lembaga pemeringkat S&P yang menaikkan peringkat utang Indonesia di atas level layak investasi atau investment grade pada pekan lalu. S&P menaikkan peringkat pemerintah Indonesia ke BBB dengan alasan prospek pertumbuhan yang kuat dan kebijakan fiskal yang positif.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2898 seconds (0.1#10.140)