alexametrics

Trump Desak Xi Jinping Bicarakan Perdagangan AS-China di G-20

loading...
Trump Desak Xi Jinping Bicarakan Perdagangan AS-China di G-20
Presiden AS Donald Trump mendesak Presiden China Xi Jinping bertemu membahas perdagangan kedua negara di KTT G-20 di Osaka, Jepang, akhir bulan ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan bahwa lebih banyak lagi barang-barang impor asal China yang akan dikenai tarif tambahan jika Presiden China Xi Jinping menolak pembicaraan dagang dengannya pada KTT G-20 akhir bulan ini.

"Ya, itu akan terjadi," tegas Trump dalam wawancaranya dengan CNBC, yang dikutip Selasa (11/6/2019). Trump semestinya bertemu dengan Xi di KTT G-20 pada 28-29 Juni di Osaka, Jepang. Para pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa juga diperkirakan hadir pada pertemuan tersebut. Karena itu, tegas Trump, dia akan terkejut jika Xi tidak hadir.Trump sebelumnya mengancam akan mengenakan tarif tambahan atas barang-barang asal China senilai USD300 miliar jika perjanjian perdagangan tidak segera tercapai. Padahal, pemerintahan Trump bulan lalu telah meningkatkan tarif atas barang-barang impor dari China senilai USD200 miliar.
Jika perang dagang antara AS dan China berlanjut, Trump menegaskan, dia akan terus menaikkan tarif atas barang-barang impor asal China. Dia mengatakan, pemerintahannya saat ini mengenakan pajak 35% hingga 40% dari barang China yang diimpor AS. Jika kesepakatan tidak tercapai, ancam dia, maka 60% lainnya juga akan dikenakan pajak.

(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak