alexametrics

Libur Lebaran, LRT Sumsel Angkut 121.381 Penumpang

loading...
Libur Lebaran, LRT Sumsel Angkut 121.381 Penumpang
Moda transportasi LRT Palembang. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Keberadaan moda transportasi massal, Light Rail Transit di Sumatra Selatan semakin diminati masyarakat karena membantu beraktifitas. Terbukti, selama masa libur Lebaran, LRT Sumsel yang merupakan LRT pertama di Indonesia, mampu mengangkut sebanyak 121.381 penumpang.

Manajer Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan jumlah penumpang LRT mengalami lonjakan hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. Terhitung sejak tanggal 3-10 Juni 2019, rata-rata penumpang per harinya mencapai 15 ribu orang.

"Selama masa 8 hari libur Lebaran, jumlah penumpang mencapai 121.381 orang. Jumlah penumpang tertinggi terjadi pada tanggal 8 Juni 2019 (H+3) Lebaran yakni 24.622 orang," ujar Aida di Jakarta, Selasa (11/6/2019).



Dia mengatakan jumlah penumpang masa libur Lebaran itu dihitung berdasarkan jumlah tiket penumpang yang tap in dan tap out pada hari itu.

"Hal ini ditambah dengan anak-anak berusia dibawah 3 tahun yang tidak dikenai tiket. Aida mengungkapkan, para penumpang yang menaiki LRT tidak hanya berasal dari Palembang. Banyak juga penumpang dari Jakarta, Bogor, Jambi, Bengkulu, dan kota besar lainnya di Indonesia," jelasnya.

Banyaknya jumlah penumpang tersebut tak terlepas dari keinginan warga yang bertransportasi bebas macet. Dimana pada masa Hari Raya Idul Fitri jalan raya di kota Palembang pada umumnya mengalami kemacetan.

Para penumpang yang naik LRT karena bebas hambatan,nyaman, dan harga tiket terjangkau. Namun ada juga yang ingin merasakan naik LRT, terutama penumpang asal luar kota.

PT KAI sebagai operator LRT Sumsel, berharap keberadaan LRT Sumsel sebagai salah satu moda transportasi karya anak bangsa dapat menjadi bagian penting sistem transportasi masa depan di Sumatra Selatan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak