alexametrics

Penguatan Rupiah Hari Ini Diprediksi Tertahan

loading...
Penguatan Rupiah Hari Ini Diprediksi Tertahan
Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini diperkirakan tertahan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini diperkirakan tertahan. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.210-Rp14.280 per USD.

"Indeks Dolar AS menunjukkan rebound alias menguat mendekati level 97 lagi karena sentimen buruk terhadap nilai tukar mata uang utama dunia yang menjadi lawan dolar seperti euro dan poundsterling dan juga perang dagang. Ini membuat USD bisa melakukan pergerakan konsolidasi," ujar Ariston di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Namun, dia menambahkan, USD bisa mendapatkan tekanan dari data inflasi CPI AS bulan Mei yang dirilis semalam yang di bawah ekspektasi pasar, yakni 1,8% vs 1,9%.



Data ini menurutnya menambah peluang pemangkasan suku bunga AS yang bisa membuat rupiah tertekan. "Ini sedang menjadi wacana belakangan ini dan akan membuat rupiah tertahan," jelasnya.

Sebagai informasi, nilai tukar rupiah terhadap USD pada akhir perdagangan, Rabu (12/6) merayap tipis namun menjaga raihan positifnya setelah libur panjang Lebaran.

Kurs rupiah yang terus berjuang bertahan di zona hijau mengiringi dolar AS yang tergelincir ketika harapan penurunan suku bunga The Fed semakin besar. Rupiah kemarin hanya naik tipis menjadi Rp14.230/USD dari penutupan sebelumnya Rp14.235/USD.
(fjo)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak