alexametrics

Sri Mulyani Sebut Faktor Ini Akan Pengaruhi Laju Rupiah di 2020

loading...
Sri Mulyani Sebut Faktor Ini Akan Pengaruhi Laju Rupiah di 2020
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beberkan faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan rupiah pada tahun 2020. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beberkan faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan rupiah pada tahun 2020. Salah satunya adalah perang dagang Amerika Serikat dan China yang akan masih berlanjut. Pemerintah sendiri mematok rupiah pada tahun 2020 berada di kisaran Rp14.000-Rp15.000 per USD dalam RAPBN 2020

"Nilai tukar yang kita asumsikan untuk tahun 2020 antara Rp14.000 hingga Rp15.000, nanti Bank Indonesia juga memiliki bagian. Kami melihat faktor yang mendorong untuk nilai tukar adalah pertama trade war dan dampaknya terhadap sentimen perdagangan maupun investasi dunia," ujar Menkeu Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/6/2019).

Dia pun juga mengatakan, defisit transaksi berjalan juga akan mempengaruhi pergerakan mata uang garuda. "Kita juga masih memiliki defisit neraca transaksi berjalan yang menimbulkan konsekuensi terhadap nilai tukar Rupiah kita," katanya.



Kendati demikian, mantan anggota Bank Dunia ini mengutakan ada dampak positif yang akan didapatkan nilai tukar rupiah yaitu arah kebijakan moneter fed atau Bank Sentral AS. Dimana diperkirakan The Fed akan melakukan penurunan suku bunga pada separuh tahun terakhir ini.

"Ada juga capital inflow, karena adanya perbaikan sentimen terhadap ekonomi Indonesia dengan rating yang meningkat dan stabilitas yang tetap kita jaga dan daya tarik dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara yang lain," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak