Perpindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati Mulai Awal Juli

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:10 WIB
Perpindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati Mulai Awal Juli
Perpindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati Mulai Awal Juli
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan operasional penerbangan Jet di bandara Kertajati mulai dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019. Seluruh operasional penerbangan domestik dengan pesawat jet di Bandara Internasional Husein Sastranegara akan sepenuhnya dialihkan ke Bandara Internasional Kertajati.

“Pemerintah pusat berkomitmen untuk mengatur semua stakeholder agar pelayanan di Kertajati ini menjadi baik. Kita rencanakan paling lambat 1 Juli, karena bertahap. Di sini (Kertajati) ada 28 take off, 28 landing, berarti ada 56 take off dan landing yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet (rute) dalam negeri,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Adapun untuk operasional seluruh pesawat propeller (baling-baling) dan pesawat yang mengoperasikan rute luar negeri tetap melalui Husein Sastranegara di Bandung. Menyusul keputusan tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan siap untuk melakukan penataan penerbangan di Husein Sastranegara dan Kertajati.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini tengah dilakukan pendataan terkait kebutuhan yang diperlukan maskapai agar pengalihan penerbangan perjalan mulus. “Kami tengah mendata apa saja yang dibutuhkan maskapai supaya paling lambat 1 Juli 2019 seluruh penerbangan sudah pindah ke Kertajati, sesuai keputusan rapat hari ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan penataan penerbangan yang dilakukan ini dilakukan dengan konsep multi airport system guna menyeimbangkan lalu lintas penerbangan sehingga bandara dan maskapai dapat beroperasi lebih efektif dan efisien.

“Penataan penerbangan ini dilakukan di Husein Sastranegara, Kertajati, dan juga Soekarno-Hatta di Cengkareng serta Halim Perdanakusuma (Jakarta) dengan memperhatikan 4 area yakni fasilitas, infrastruktur, sistem operasi penerbangan, dan sumber daya manusia," katanya.

Adapun rute-rute yang rencananya akan dialihkan dari Husein Sastranegara ke Kertajati untuk sementara ini adalah:

1. Surabaya : 14 flight/hari
2. Denpasar : 12 flight/hari
3. Pekanbaru: 4 flight/hari
4. Banjarmasin: 2 flight/hari
5. Kualanamu: 6 flight/hari
6. Ujung Pandang: 2 flight/hari
7. Palembang: 4 flight/hari
8. Padang: 2 flight/hari
9. Balikpapan: 2 flight/hari
10. Yogyakarta: 2 flight/hari
11. Lombok: 2 flight/hari
12. Pontianak: 2 flight/hari
13. Batam: 2 flight/hari
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4665 seconds (0.1#10.140)