Desainer Interior Suryanto Hadirkan Karya Elegan Berkelas Dunia

Rabu, 19 Juni 2019 - 13:10 WIB
Desainer Interior Suryanto Hadirkan Karya Elegan Berkelas Dunia
Desainer Interior Suryanto Hadirkan Karya Elegan Berkelas Dunia
A A A
RUMAH yang nyaman tentu membuat penghuninya merasa betah di dalamnya. Kenyamanan bisa diperoleh, salah satunya dari memiliki tata ruang atau desain interior yang bagus, baik dari segi penataan furnitur, model ruangan, maupun pemilihan warna interior. Salah satu bagian interior yang juga perlu diperhatikan adalah kamar mandi.
Sebagai salah satu area rumah yang paling penting, penataan kamar mandi diperlukan untuk mendukung fungsi dan kenyamanannya. Karena itu, pemilihan warna, pemilihan dan instalasi perangkat, penataan cahaya baik sebagai aksen maupun penerangan utama, merupakan bagian dari keseluruhan tata estetika interior kamar mandi. Tren menunjukkan bahwa peran dan fungsi kamar mandi telah bertambah seiring kemajuan teknologi dan perkembangan desain interior.

Area ini kini dirancang untuk mendukung kebutuhan penghuni dalam memanjakan diri. Untuk itu, inovasi desain menjadi referensi dan inspirasi penting dalam membangun rumah. TOTO sesuai slogannya, “Perfection by Design”, senantiasa ingin memberikan sebuah karya terbaik.

Hingga saat ini TOTO tidak pernah berhenti berinovasi, desain dan model terbaru, serta pengembangan teknologi sanitasi, dan TOTO telah hadir sejak tahun 1977 di Indonesia. TOTO telah membuktikan bahwa kiprah perusahaan asal Jepang tersebut telah memiliki pengalaman luar biasa dalam menentukan kualitas produk yang diinginkan oleh konsumen, khususnya Indonesia.

Produk TOTO telah digunakan di banyak rumah mewah, hotel, apartemen rumah sakit, dan berbagi tempat komersial lainnya. Hal menarik lainnya, kehadiran jenis produk sanitary ware TOTO di Indonesia adalah sebuah tahapan menengah dalam sebuah strategi pemasaran produk. Adapun pengembangan awal dari produk sanitasi ini dimulai sekitar tahun 1917. Hingga kini, tak ada perubahan nama, bahkan produknya tetap meramaikan pasar industri sanitary & fitting di Asia, bahkan dunia.

TOTO dengan standar keunggulan dunia mereka, telah berada dalam radar desainer dan seniman Jaime Hayon asal Madrid, Spanyol. Sistem dan teknologi TOTO yang modern dan terdepan menjadi sebuah tantangan teknis tersendiri bagi Hayon, yang kemudian dijawab dengan sebuah koleksi dengan desain yang mengedepankan kesederhanaan dan kemurnian bentuk.

“Karya Hayon telah dikenal di dunia seni dan desain. Hasil karyanya telah banyak menghiasi hotel dan museum-museum dunia,” kata Marketing Planning Department Manager TOTO Tony Suryanto. Kreativitas dan pengetahuan Hayon akan keterampilan perajin (artisan skills) berhasil mendorong banyak batas-batas media dan fungsi dan menghasilkan koleksi dan karya-karya yang beragam.

Hayon memadukan kecintaannya terhadap konservasi keterampilan kerajinan dalam karyanya untuk perusahaan-perusahaan tradisional kelas atas. Majalah Times menobatkan Hayon sebagai salah satu dari 100 desainer yang paling relevan saat ini. Adapun majalah Wallpaper mencantumkan Hayon sebagai salah satu desainer yang paling berpengaruh.

“TOTO adalah perusahaan terbaik di dunia dalam hal teknologi dan sistem sehingga keahlian menjadi dasar dan esensi penting dari koleksi saya. Tantangannya bagi saya adalah menciptakan sebuah desain eksterior dalam bentuk yang murni dan sederhana dan bisa beradaptasi dengan segala bentuk desain interior,” sebut Jaime Hayon. Karena rancangan kali ini berkaitan dengan fungsi tubuh, inspirasi TOTO by Hayon ini datang dari tubuh manusia itu sendiri.

Hayon memutuskan bahwa setiap elemen desainnya harus mencerminkan lekuk tubuh manusia. Konsep penting lainnya dari koleksi ini adalah ide “penuh dan kosong”. Ide “penuh” yang datang dari bentuk tubuh secara utuh, mencerminkan bentuk dari perabot itu; sementara ide “kosong” yang berasal dari kerangka tubuh, dituangkan dalam perangkat keran dan pipa agar fokus pada elemennya sebagai fungsi.

Didirikan pada 1917 oleh Kazuchika Okura, TOTO adalah produsen toilet terbesar di dunia. Dimotori oleh semangat Jepang akan kesempurnaan, perusahaan ini tidak hanya memelopori pengembangan perlengkapan sanitasi modern, juga mengubah pengalaman kita menggunakan kamar mandi.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7728 seconds (0.1#10.140)