alexametrics

AP I dan PNM Cabang Manado Bekali Puluhan Pengusaha

loading...
AP I dan PNM Cabang Manado Bekali Puluhan Pengusaha
PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) membekali sejumlah pengusaha di Manado. Foto/Cahya Sumirat
A+ A-
MANADO - PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) membekali sejumlah pengusaha di Manado. Hal ini dilakukan agar para pengusaha terutama mitra binaan dapat mengembangkan usahanya serta melakukan berbagai inovasi serta mempersiapkan pengusaha yang handal di Manado.

Sedikitnya 50 pengusaha mitra binaan digembleng dengan pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha dalam rangka peningkatan kapasitas dan motivasi usaha mitra binaan PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado yang digelar di Aston Manado Hotel, Rabu (19/6/2019).

General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E. T. Gandeguai berharap mitra binaan dapat terus meningkatkan inovasi dan jenis usahanya. Hal ini terkait dengan masih banyaknya potensi usaha yang bisa dikembangkan di Manado.



"Peluang usaha masih terbuka lebar. Misalnya jualan makanan yang khas Manado di seputaran jalan dekat Bandara Sam Ratulangi, tapi dengan kemasan yang berbeda," katanya.

Saat ini kata dia di Manado banyak pengusaha yang sejenis atau jadi follower. Misalnya yang satu jualan rahang tuna yang lain ikutan. Hal ini kata Minggus diusahakan lebih kreatif dengan menciptakan jenis usaha baru. "Booming wisatawan dari China ini juga perlu ditangkap oleh para pengusaha sebagai peluang. Ini belum dimaksimalkan," ujarnya.

Selain itu kata Minggus jika usaha berkembang, maka kewajiban membayar pinjaman sebagai mitra usaha menjadi lancar sehingga memberikan kesempatan kepada pengusaha yang lain mendapatkan pinjaman yang sama karena dana tersebut merupakan dana bergulir.

Sementara itu, Pemimpin PT. PNM Cabang Manado, Eka Pradana Wijaya berharap para peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha yang diselenggarakan atas kerja sama antara Bandar Udara Sam Ratulangi dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) Manado selain bisa menjaga silaturahmi juga mengingatkan bahwa ke depannya kekuatan modal usaha dan kapasitas building mitra binaan bisa menjadi lebih baik lagi.

"Selain itu mitra binaan dapat melakukan evaluasi serta bisa meningkatkan usaha yang dijalankannya," harap Eka.

Pelatihan tersebut mendapat sambutan luar biasa dari pengusaha mitra binaan. Salah seorang peserta pelatihan, Efi Rulistiyanti dari Vena Flora misalnya, dia mengaku sangat bermanfaat sekali materi yang diberikan dari adanya pelatihan ini.

Hal serupa disampaikan juga oleh mitra binaan lain Devid A. Adam dari Joel's Garden dan Eva Djindan dari Eva Gallery Batik yang juga mengaku pelatihan ini sangat berarti bagi kemajuan usahanya. "Pelatihan seperti ini selain dapat menambah wawasan, juga dapat meningkatkan pengetahuan dalam manajemen usaha Jami," ujarnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak