alexametrics

BI Prediksi Neraca Dagang Mei Bakal Surplus

loading...
BI Prediksi Neraca Dagang Mei Bakal Surplus
Bank Indonesia (BI) memperkirakan neraca perdagangan pada Mei 2019 akan surplus dibandingkan April 2019 yang mengalami defisit. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan neraca perdagangan pada Mei 2019 akan surplus dibandingkan April 2019 yang mengalami defisit. Hal ini dikarenakan meningkatnya konsumsi saat ramadhan membuat neraca dagang surplus.

"Neraca dagang kan bakal diumumkan oleh BPS kita tunggu saja. Tapi data awal BI, neraca perdagangan kami perkirakan Mei surplus," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Di sisi lain, Perry mengutarakan eskalasi ketegangan hubungan dagang yang meningkat makin memengaruhi dinamika perekonomian global. Ketegangan hubungan dagang makin nyata menurunkan volume perdagangan dunia dan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara.



"Perekonomian AS diprakirakan tumbuh lebih rendah akibat ekspor yang menurun, stimulus fiskal yang terbatas, serta keyakinan pelaku ekonomi yang belum kuat. Ekonomi kawasan Eropa juga melambat dipengaruhi ekspor yang melemah, dan permasalahan struktural terkait aging population yang berlanjut," paparnya.

Disamping itu menurutnya pertumbuhan Tiongkok dan India juga melambat akibat penurunan kinerja sektor eksternal serta pelemahan konsumsi dan investasi. "Pertumbuhan ekonomi yang melambat kemudian mendorong sejumlah bank sentral menerapkan kebijakan moneter yang lebih longgar," paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak