alexametrics

Hari Ini, Rupiah Diprediksi Kembali Melanjutkan Penguatan

loading...
Hari Ini, Rupiah Diprediksi Kembali Melanjutkan Penguatan
Rupiah diyakini kembali melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diprediksi kembali menguat. Rupiah diyakini melanjutkan penguatan Kamis (20/6) lalu, di mana nilai tukar mata uang garuda itu ditutup menguat 87 poin atau 0,61% ke level Rp14.182 per USD,

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra memperkirakan kurs rupiah pada perdagangan Kamis ini akan bergerak di kisaran Rp14.120-Rp14.220 per USD. Faktor pendorong rupiah menguat menurutnya adalah sinyal pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve yang bisa membuat rupiah melanjutkan relinya.

"Masih euforia pernyataan Fed yang memberi sinyal pemangkasan suku bunga acuan tahun ini," ujar Ariston di Jakarta, Jumat (21/6/2019).



Dia menambahkan, kebijakan menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) rupiah untuk bank umum Konvensional dan bank umum syariah/unit usaha syariah sebesar 50 bps (0,5%) masing-masing menjadi 6,0% dan 4,5%, dengan GWM Rerata masing-masing tetap sebesar 3,0% ikut mendorong penguatan. "Kebijakan penurunan GWM oleh BI juga positif untuk rupiah karena itu bakal mendorong pertumbuhan kredit dan ekonomi," tegasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak