alexametrics

Neraca Dagang Mei Surplus Tipis USD0,21 Miliar

loading...
Neraca Dagang Mei Surplus Tipis USD0,21 Miliar
BPS mencatat neraca perdagangan Mei 2019 mengalami surplus meski hanya USD0,21 miliar. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, neraca perdagangan untuk periode Mei 2019 mengalami surplus sebesar USD0,21 miliar atau sekitar Rp2,9 triliun. BPS mencatat, nilai ekspor pada Mei 2019 sebesar USD14,74 miliar dan impor sebesar USD14,53 miliar.

"Surplus 0,21 miliar, konsesus banyak orang defisit. Alhamdullilah, Mei mengalami surplus meskipun hanya USD0,21 miliar. Ini memberikan sinyal positif," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin (24/5/2019).

Namun, BPS mencatat, untuk periode Januari-Mei 2019, neraca perdagangan nasional masih mengalami defisit sebesar USD2,14 miliar. Namun, menurut Suhariyanto, pemerintah masih berkesempatan memperbaki neraca perdagangan ke depannya. "Selama Januari sampai April ini 2019 mengalami defisit USD2,14 miliar, karena migas masih defisit," jelasnya.



Dia pun menyarankan agar pemerintah terus berupaya memperbaiki neraca dagang agar secara keseluruhan tahun 2019 ini mencatatkan surplus. Salah satunya, kata dia, menggenjot ekspor dengan memingkatkan hilirisasi agar ekspor Indonesia tidak hanya bergantung pada komoditas.

"Kita masih punya banyak pekerjaan rumah untuk neraca dagang, yakni menggenjot ekspor. Supaya ekspor kita enggak hanya berbasis komoditas, hilirisasi produk dan perlu agar ekspor kita lebih kompetitif. Selain itu perbaikan logistik juga perlu supaya bisa mengendalikan impor lebih mudah," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak