Antam Dukung KLHK dalam Kegiatan Bebersih Ciliwung

Rabu, 26 Juni 2019 - 18:04 WIB
Antam Dukung KLHK dalam Kegiatan Bebersih Ciliwung
Antam Dukung KLHK dalam Kegiatan Bebersih Ciliwung
A A A
PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turut berkontribusi dalam kegiatan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) “Bebersih Ciliwung” yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tanggal 23 Juni 2019 lalu.

Sebanyak 8.305 orang berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah serentak pada 36 titik lokasi di 33 Kecamatan sepanjang 39,6 kilometer (km) Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dari hulu ke hilir mulai dari Kecamatan Cisarua Bogor hingga Kecamatan Pademangan Jakarta Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh pegawai KLHK, Pemerintah Daerah, Masyarakat di sepanjang DAS Ciliwung, Komunitas Peduli Ciliwung, Lembaga Pendidikan dan Gerakan Pramuka dan perusahaan.

Piagam MURI diberikan kepada Siti Nurbaya bersama dengan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan MR Karliansyah, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum serta Bupati Bogor Ade Yasin dan Mantan Menteri LHK Kabinet Pembangunan zaman Orde Baru Sarwono Kusuma Atmaja.

Dalam keterangan resminya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan gerakan komunitas Ciliwung sudah berorientasi kedepan dan mengadopsi adaptasi serta mitigasi perubahan iklim dan sistem tanggap darurat bencana alam.

“Sudah sejak lama masyarakat sudah banyak berinteraksi dengan sungai Ciliwung yang sangat intensif dan saya bergembira saat ini kita bersama-sama melaksanakan kegiatan ini,” tutur Siti Nurbaya dalam sambutannya di Yayasan Bambu Indonesia, Bogor.

“Kolaborasi antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dunia usaha, aktivtas dan komunitas merupakan hal penting. Dan konsep Ekoriparian adalah konsep yang paling tepat bersama masyarakat dalam menjaga Ciliwung,” tambahnya.

Direktur Operasi dan Produksi Antam, Hartono mengatakan Antam mendukung kegiatan pelestarian lingkungan di Daerah Aliran Sungai Ciliwung sebagai implementasi dari kepedulian Perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan.

“Kami terus berkomitmen dan berperan aktif dalam mewujudkan inovasi di bidang lingkungan, khususnya di sekitar wilayah operasi Perusahaan,” kata Hartono dalam keterangan resminya.

“Selain mendukung kegiatan “Bebersih Ciliwung” ini, melalui UBP Emasdan UBPP Logam Mulia sebelumnya berpartisipasi juga pada inisiasi Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah dan Ekoriparian Teluk Jambe Citarum pada tahun 2017 dan awal tahun 2019 lalu,” tambahnya.
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3401 seconds (0.1#10.140)