alexametrics

Ekonomi Bagian Timur Meningkat, Masa Depan Indonesia Cerah

loading...
Ekonomi Bagian Timur Meningkat, Masa Depan Indonesia Cerah
Pengembangan ekonomi Indonesia timur menurut ekonom Indef Bhima Yudisthira, bakal membuat masa depan ekonomi nasional menjadi lebih cerah. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pengembangan ekonomi Indonesia timur menurut ekonom Indef Bhima Yudisthira, bakal membuat masa depan ekonomi nasional menjadi lebih cerah. Salah satu upaya mengangkat Indonesia timur yakni melalui pameran internasional bertajuk "The 1st Pacific Exposition 2019" yang diikuti lima provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

"Perkembangan masif (ekonomi Indonesia timur) dan masa depan Indonesia akan lebih cerah dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang meningkat," ujar Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Dia pun mengatakan dengan memperbaki infratsruktur di Indonesia timur akan lebih meningkatkan ekonomi tersebut. Dan hal ini akan bisa menggeser posisi Indonesia bagian barat yang selalu menjadi penyumbang terbesar Ekonomi di Indonesia. "Ini akan terjadi pergesaran, dimana ekonomi Indonesia Timur akan diandalkan," katanya.



Sebagai informasi, struktur ekonomi Indonesia masih didominasi pulau Jawa dengan menyumbang 58,48% ke produk domestik bruto (PDB) dengan pertumbuhan ekonomi 5,72% , disusul Sumatera yang menyumbang 21,58% dan bertumbuh 4,54%, Kalimantan berkontribusi 8,20% dan tumbuh 3,91%.

Kendati demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur mukai meningkat, diantaranya Sulawesi berkontribusi 6,22% dan tumbuh 6,65%, Bali Nusa Tenggara berkontribusi 3,05% dan tumbuh 2,68%, serta Maluku Papua dengan kontribusi 2,47% dan tumbuh 6,99%.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak