alexametrics

MK Sudah Berikan Putusan, Investasi Diyakini Akan Meningkat

loading...
MK Sudah Berikan Putusan, Investasi Diyakini Akan Meningkat
Kinerja investasi diyakini semakin meningkat setelah keluarnya keputusan MK mengenai pilpres 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini investasi akan meningkat setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan keputusannya terkait sengketa Pilpres 2019.

"Saya optimis pengumuman MK akan membuat investasi meningkat," ujar Darmin di Gedung Kemenko, Jakarta, Jumat (29/6/2019).

Sebelumnya, Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira, mengatakan investor saat ini mash bersikap wait and see untuk menanamkan modalnya.



Keluarnya keputusan MK yang memastikan kemenangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2025 dinilai akan memberikan kepastian bagi calon investor.

Tercatat, realisasi investasi pada kuartal I/2019 mencapai Rp195,1 triliun atau tumbuh 5,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun target investasi sepanjang tahun ini sebesar Rp792 triliun.

Sepanjang kuartal I/2019, nilai investasi untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tercatat sebesar Rp87,2 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp107,9 triliun.

Realisasi PMDN meningkat 14,196% dibandingkan kuartal I/2018. Sementara realisasi PMA di periode yang sama turun 0,9% dibanding kuartal I/2018 yang sebesar Rp108,9 triliun.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak