alexametrics

IKKON Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Internasional

loading...
IKKON Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Internasional
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan program IKKON 2019 di 5 daerah. Foto/SINDOnews/Michelle Natalia
A+ A-
JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali membuka program Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) 2019, yang mengkolaborasikan profesional di bidang kreatif dengan pengrajin lokal dan stakeholders di daerah.

Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf, Poppy Savitri, mengatakan pelaksanaan IKKON dibagi menjadi empat tahapan kegiatan. Yaitu pemetaan potensi, perencanaan desain, purwarupa, dan pameran.

"Dalam tahap pemetaan potensi, tim yang dikirimkan harus bisa melihat potensi daerah secara riil, dan mereka harus mulai berhubungan baik dengan stakeholders setempat, baik itu Pemda maupun komunitas pengrajin," ujarnya di Jakarta, Jumat (28/6/2019).



"Tim yang dikirimkan, sambung dia, harus mampu mengasah empati mereka, karena kita tidak mengubah potensi daerah, tetapi mempercantiknya, menginspirasi kolaborator daerah dan membawa produk-produk daerah lebih relevan ke level urban atau nasional. Melalui kolaborasi ini, diharapkan akan muncul produk-produk kreatif baru yang dapat menjadi ikon dari masing-masing daerah.

Poppy menceritakan bahwa IKKON telah mendorong produk batik Brebes tembus ke pasar internasional. "Brebes yang sebelumnya hanya dikenal oleh produksi telur asin dan bawang merah, justru produk batiknya terpilih untuk dipajangkan dalam pameran Salone del Mobile di Italia oleh para kurator seni disana," imbuh Poppy.

Sementara itu, Kepala Bekraf, Triawan Munaf, mengatakan program IKKON merupakan perwujudan amanat Presiden Joko Widodo yang memegang prinsip bahwa ekonomi kreatif harus bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

"Setiap tahunnya, kami selalu menambah kuota kota/kabupaten yang akan menjadi target peluncuran IKKON," terang Triawan Munaf.

IKKON 2019 akan mulai dilaksanakan pada akhir Juni ini dan ditutup dengan pameran produk IKKON yang akan diadakan November mendatang. Selain bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan memperkuat ekosistem ekraf nasional, Bekraf juga berharap IKKON dapat menjadi kajian pembuatan program dan peraturan atau peta jalan ekonomi kreatif di daerah.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak