Harga Tiket Pesawat Turun, Sektor Angkutan Udara Sumbang Deflasi

Senin, 01 Juli 2019 - 15:01 WIB
Harga Tiket Pesawat Turun, Sektor Angkutan Udara Sumbang Deflasi
Harga Tiket Pesawat Turun, Sektor Angkutan Udara Sumbang Deflasi
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor transportasi mengalami deflasi 0,14% pada Juni 2019. Adapun kontribusi transportasi terhadap deflasi mencapai 0,03%.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, deflasi transportasi tidak terlepas dari kontribusi penurunan harga tiket pesawat pada Juni 2019. Sementara pada bulan sebelumnya tiket pesawat tercatat menjadi penyumbang tertinggi inflasi.

"Transportasi deflasi andil 0,03%. transportasi deflasi karena tarif angkutan udara sudah mulai turun dan berikan sumbangan deflasi 0,04%," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Penyebab utama dari deflasinya angkutan udara adalah penurunan harga tiket pesawat. Seperti diketahui, pemerintah telah menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat. "Ini ada pengaruh karena pemerintah turunkan TBA antara 12-16% di Juni lalu," jelasnya.

Tak hanya itu, melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemerintah merumuskan kebijakan untuk menurunkan harga tiket pesawat maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) domestik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penurunan harga tiket maskapai LCC dilakukan agar masyarakat umum tetap dapat menikmati moda transportasi udara.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4494 seconds (0.1#10.140)