Hingga Juni 2019, Pelindo III Salurkan Dana Sosial Rp17,5 Miliar

Selasa, 02 Juli 2019 - 02:14 WIB
Hingga Juni 2019, Pelindo III Salurkan Dana Sosial Rp17,5 Miliar
Hingga Juni 2019, Pelindo III Salurkan Dana Sosial Rp17,5 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengumumkan hingga Juni 2019, telah menggelontorkan dana tanggung jawab social perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sebesar Rp17,5 miliar untuk masyarakat di sekitar pelabuhan di tujuh provinsi yang dikelolanya.

Chief Executive Officer (CEO) PT Pelindo III Regional Banyuwangi, Bali dan Nusa Tenggara, I Wayan Eka Saputra, mengatakan saat ini terdapat 13 industri rumahan penerima bantuan yang bergerak di bidang perikanan dan jasa perdagangan.

"Kebanyakan berasal dari Kabupaten Badung (Bali) dengan total nilai bantuan sebesar Rp1,06 miliar," ucapnya dalam keterangan resmi di Jakata, Senin (1/7/2019)

Dana bantuan tersebut dibagi dalam dua program yaitu Program Bina Lingkungan sebesar Rp12,5 miliar untuk membantu berbagai kebutuhan sosial masyarakat di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga budaya. Berikutnya Program Kemitraan sebesar Rp5 miliar.

Jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi mitra binaan Pelindo III total 2.800 dan tersebar di 7 provinsi. Contoh Program Kemitraan Pelindo III diantaranya disalurkan di Bali pada Kamis (27/6) lalu, berupa pinjaman lunak sebagai suntikan modal kerja untuk 13 UKM milik warga di sekitar Pelabuhan Benoa yang dikelola Pelindo III.

Dia menjelaskan, sebelum menjadi mitra binaan Pelindo III dan mendapatkan bantuan, para UKM mengikuti seleksi di Kantor Pelindo III Pelabuhan Benoa.

"Tahap pertama adalah pengajuan proposal, yang dilanjutkan pada tahap seleksi dan survei lalu diusulkan ke Kantor Pusat untuk kemudian diputuskan. Proses tersebut agar keseluruhan hasilnya tepat sasaran dengan diperolehnya mitra-mitra terbaik yang berhak atas dana tersebut," pungkasnya.

Selain menerima pinjaman modal, seluruh mitra usaha Pelindo III juga akan diikut sertakan dalam pelatihan kewirausahaan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6219 seconds (0.1#10.140)