Sri Mulyani Pastikan Cukai Plastik Tak Akan Ganggu Ekonomi

Selasa, 02 Juli 2019 - 19:01 WIB
Sri Mulyani Pastikan Cukai Plastik Tak Akan Ganggu Ekonomi
Sri Mulyani Pastikan Cukai Plastik Tak Akan Ganggu Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku sudah menghitung dampak inflasi jika kantong plastik dikenakan cukai. Berdasarkan perkiraannya, dampak inflasi dari pengenaan cukai plastik ini sangat kecil yakni sebesar 0,045%.

Oleh karena itu, penerapan cukai plastik ini nantinya sama sekali tidak akan menganggu perekonomian Indonesia, apalagi berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Kalau diterapkan (cukai plastik) efek ke inflasi kecil hanya 0,045%," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya, kebijakan ini perlu segera diberlakukan. Sebab kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia, mengingat saat ini sudah banyak sekali sampah plastik yang dihasilkan setiap tahunnya.

Apalagi, Indonesia menjadi negara nomor 2 penghasil sampah plastik di dunia. Karenanya, salah satu cara yang diharapkan dapat mengurangi konsumsi plastik adalah dengan mengenakan cukai.

"Pengendalian plastik dengan cukai kami rasa adalah instrumen yang tepat. Kami juga akan sukseskan upaya dalam pengendalian konsumsi plastik ini. Ini sejalan dengan peraturan-peraturan lain yang sudah diterapkan," jelasnya

Nantinya, cukai plastik tersebut akan diterapkan untuk plastik yang berbahan baku petroleum yang tidak mudah terurai atau biji plastik virgin. Semakin sulit terurai sampah plastik itu maka akan semakin mahal pula cukai yang dikenakan.

"Jika waktu urainya adalah 2-3 tahun kita akan mem-propose cukai lebih rendah. Tapi semakin lama waktu urainya, semakin tinggi cukainya," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7855 seconds (0.1#10.140)