alexametrics

Cadev Naik, Perry Warjiyo Pede Neraca Pembayaran Surplus USD3 Miliar

loading...
Cadev Naik, Perry Warjiyo Pede Neraca Pembayaran Surplus USD3 Miliar
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyakini, kinerja positif cadangan devisa (Cadev) pada bulan Juni 2019 bakal membuat neraca pembayaran mampu mencetak surplus. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyakini, kinerja positif cadangan devisa (Cadev) pada bulan Juni 2019 bakal membuat neraca pembayaran mampu mencetak surplus hingga USD3 miliar. Diketahui posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2019 tercatat sebesar USD123,8 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2019 yang sebesar USD120,3 miliar.

"Posisi USD123,8 miliar itu tinggi dibandingkan bulan sebelumnya pada akhir Maret 2018 bahwa secara overall. Sehingga di triwulan kedua secara keseluruhan akan mengalami surplus neraca pembayaran sekitar USD3 miliar," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Dia memaparkan pencapaian cadangan devisa yang meningkat diperolah dari pencatatan 71 bulan impor serta pembayaran utang luar negeri yang sudah dalam standar kecukupan internasional. Posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2019 setara dengan pembiayaan 7,1 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah,.



"Ini mengkonfirmasi lihat range kami cadangan devisa, Alhamdulilah akhir Juni tercatat USD123,8 miliar yang itu sekitar 7,1 bulan impor atau 6,8 bulan impor plus pembayaran utang luar negeri yang jauh dibatas standar kecukupan internasional yakni sekitar 3 bulan impor," jelasnya

Sebagai informasi, peningkatan cadangan devisa pada Juni 2019 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas dan valas lainnya, serta penarikan utang luar negeri pemerintah. Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak