alexametrics

7 Tips Agar Cepat Jadi Karyawan Tetap

loading...
7 Tips Agar Cepat Jadi Karyawan Tetap
Menjadi karyawan tetap dalam sebuah perusahaan, bukanlah perkara mudah terlebih dengan perusahaan yang banyak menerapkan outsourcing. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menjadi karyawan tetap dalam sebuah perusahaan, bukanlah perkara mudah bagi Anda yang masih jadi pegawao kontrak. Untuk mendapatkannya Anda pun harus berjuang? Mengingat sekarang banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem kerja kontrak atau outsourcing kepada kebanyakan karyawanya.

Mantan Menteri Perdagangan Republik Indonesia periode 2004-2011 Mari Elka Pangestu mengatakan, Indonesia perlu memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik untuk meningkatkan pekerjaan. Dalam hal ini, perannya perusahaan dalam mensejahterahkan karyawan perlu dilakukan

“Indonesia akan memiliki bonus demografi sebagai modal besar untuk menjadi negara maju pada 2030. Syaratnya, mulai dari sekarang kita harus mengembangkan sumber daya manusia untuk bisa bersaing di tingkat global, terutama mengembangkan talenta-talenta yang siap menghadapi era Industri 4.0," ujar Mari Elka Pangestu di Jakarta.



Sebagai seorang karyawan, dibutuhkan beberapa sikap dan karakter untuk dapat menjadi andalan perusahaan. Berikut 7 tips agar bisa cepat menjadi karyawan tetap :

1. Taati Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan yang harus ditaaat, aturan tersebut dapat tertulis maupun tidak tertulis. Aturan yang tidak tertulis biasanya berupa norma atau kebiasaan yang terjadi di lingkungan perusahaan. Dengan mentaati segala peraturan yang ada diperusahaan, anda akan dapat menjadi salah satu karyawan yang disukai oleh atasan dan rekan kerja. Selain itu, dengan mentaati peraturan Anda akan memperoleh penilaian positif dari bagian HRD dan personalia.

2. Bersikap Jujur

Jujur adalah salah satu sikap yang akan menentukan kinerja anda dalam bekerja. Dengan sikap jujur tersebut, seorang karyawan akan dinilai sebagai orang yang dapat dipercaya. Dengan begitu, setiap pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawan tersebut selalu mendapatkan penilaian positif. Sikap jujur ini harus ditunjukkan melalui ucapan dan perbuatan.

3. Sabar dan Menahan Diri

Sabar dalam hal ini terkait dengan kesabaran untuk menunggu proses pengangkatan. Karena setiap perusahaan pasti akan mempertimbangkan segala aspek dari karyawan yang akan dijadikan tetap. Jangan terburu-buru untuk terus menanyakan terkait status karyawan. Dalam kesabaran itu, usahakan untuk selalu mencari informasi terkait dengan berapa lama biasanya perusahaan mengangkat seorang karyawan menjadi tetap.

4. Inovatif

Menjadi karyawan yang inovatif dalam setiap pekerjaannya, akan membuat atasan merasa membutuhkan kinerja karyawan tersebut. Dengan adanya kebutuhan perusahaan terhadap karyawan yang inovatif, akan membuat perusahaan mempertimbangkan untuk memperkerjakan karyawan tersebut selamanya di perusahaan dengan mengangkatnya menjadi karyawan tetap.

5. Memberikan Pengaruh Positif Bagi Perusahaan

Pengaruh positif yang bisa anda berikan diantaranya, mampu mengerakkan karyawan lain untuk bekerja dengan baik. Selain itu, memberikan masukan yang baik untuk perusahaan juga dihitung sebagai pengaruh positif tersebut. Dalam memberikan pengaruh positif, karyawan harus bersikap hati-hati dan penuh pertimbangan, agar setiap hal yang dilakukan tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan

6. Tepat Waktu Dalam Berbagai Hal

Usahakan selesaikan setiap pekerjaan tepat waktu sesuai dengan perintah yang diberikan. Tepat waktu juga berkaitan dengan ketepatan karyawan untuk selalu datang ke kantor sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan datang tepat waktu sesuai jam kerja, maka karyawan akan dinilai positif oleh HRD dan personalia.

Cara – cara diatas sebagian besar berasal dari sikap pribadi karyawan itu sendiri. Jika ingin mendapat pengangkatan sebagai karyawan tetap, ubahlah semua sikap dan kepribadian anda sesuai dengan keinginan atasan dan perusahaan. Sikap tersebut harus dilakukan dari proses penerimaan karyawan dan setelahnya.

Namun, semua itu akan kembali lagi kepada keputusan dan aturan yang berlaku dari perusahaan tersebut. Bila anda sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap perusahaan, beranilah berbicara terkait status karyawan anda. Bila segala upaya yang sudah diberikan tidak mendapat tanggapan positif dari perusahaan, carilah perusahaan lain yang mau menjadikan anda karyawan tetap.

7. Loyal Terhadap Perusahaan

Karyawan yang baik bagi perusahaan adalah karyawan yang loyal terhadap perusahaan. Loyal artinya selalu memberikan perhatian dan tenaganya untuk perusahaan tanpa memperhatikan timbal balik dari perusahaan tersebut. Loyalitas karyawan biasanya dapat dilihat dari seberapa kuat niat dan usahanya bekerja di perusahaan tersebut. Contohnya, bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus diberikan perintah dan tanpa mempertanyakan terkait uang lembur yang didapat.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak