alexametrics

Kementan Berencana Ekspor Beras Premium ke Amerika Serikat dan Jepang

loading...
Kementan Berencana Ekspor Beras Premium ke Amerika Serikat dan Jepang
Kementan menegaskan sejumlah wilayah yang terdampak musim kemarau sehingga gagal panen tidak pengaruhi ketersediaan beras nasional, bahkan tengah berencana ekspor. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan sejumlah wilayah yang terdampak musim kemarau tidak akan mempengaruhi ketersediaan beras nasional. Bahkan Kementan diterangkan tengah berencana untuk ekspor beras premium ke beberapa negara.

"Beras premium sudah ekspor ke Arab Saudi, Jepang dan ke Amerika Serikat karena enggak terpengaruh sama produksi daat kemarau, jadi produksi beras kita banyak," ujar Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Sumardjo Gatot Irianto di Jakarta, Senin (8/7).

Lebih lanjut Ia menerangkan, lahan padi yang terdampak musim kemarau di beberapa wilayah relatif kecil jika dibandingkan dengan rata-rata lahan padi nasional berkisar 450 ribu hektare dari total luas lahan pertanian yang didata Kementan seluas 15 juta hektare pada 2018.



"Tida berpengaruh negatif ke stok beras kita. Sekarang kekeringannya saja kecil, masa ribut stok beras," katanya

Dia pun mengatakan pemerintah sudah menyiapkan luas lahan kompensasi yang jauh lebih besar dari luas yang mengalami gagal panen atau puso. “Luas tanaman padi yang bisa mengompensasi puso itu 670 ribu Ha potensinya. Kalau dikerjakan tiga per empat saja sudah dahsyat itu,” tukasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak