alexametrics

Maksimalkan Produk Setengah Jadi dari Smelter Butuh Peran Kemenperin

loading...
Maksimalkan Produk Setengah Jadi dari Smelter Butuh Peran Kemenperin
A?sosiasi Pertambangan Indonesia (IMA) memberikan catatan bahwa masih perlunya dorongan agar produk dari hilirisasi minerba bisa maksimal. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - A‎sosiasi Pertambangan Indonesia (Indonesian Mining Association/IMA) menerangkan bahwa hilirisasi minerba sudah berjalan dengan telah dibangunnya sejumlah fasilitas dan pemurnian (smelter). Namun ada beberapa catatan yang diberikan IMA yakni masih perlunya dorongan agar produk dari hilirisasi minerba bisa maksimal.

“Kami dari IMA melihat, sesuai amanat UU Minerba sudah dijalankan. Perlu peran dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memaksimalkan produk setengah jadi yang diolah dari smelter,” kata Pelaksana tugas harian IMA Djoko Widajatno di Gedung DPR, Jakarta, Senin (8/7).

Dia menambahkan bahwa produk yang dihasilkan dari hilirisasi sektor minerba baru sebatas produksi logam, tapi belum menghasilkan produk jadi ‎yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan industri. Bahkan memproduksi jarum suntik saja belum mampu menurutnya, sehingga masih mengandalkan impor.



“Kami sudah berusaha menyediakan bahan baku yang disediakan. Kita bisa buat feronikel, tapi untuk buat jarum suntik saja belum mampu,” tandas dia.

Untuk itu lanjutnya terang Djoko, Kementerian Perindustrian perlu menggenjot pembangunan industri berbasis logam sehingga hilirisasi produk jadi berjalan secara optimal guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan negara. “Sampai hari ini baru produk setengah jadi, tapi kita impikan produk jadi seperti mobil, handphone dibuat di dalam negeri,” kata dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak