Bukopin Incar Peningkatan Kredit UMKM Naik Rp50 Miliar

Selasa, 09 Juli 2019 - 03:13 WIB
Bukopin Incar Peningkatan Kredit UMKM Naik Rp50 Miliar
Bukopin Incar Peningkatan Kredit UMKM Naik Rp50 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk (Bank Bukopin) menargetkan dapat meningkatkan kredit UMKM sebesar Rp50 miliar seiring jalinan kerja sama dengan Gading Auto Center, salah satu pusat showroom kendaraan bermotor di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kerja sama tersebut dalam rangka penyaluran pembiayaan modal kerja stock kendaraan bermotor kepada pusat showroom tersebut.

Perseroan berharap dengan penyaluran pola pembiayaan dengan skim showroom financing tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan kredit segmen UMKM hingga akhir tahun.

"Jadi kerja sama pembiayaan ini rencananya akan dilakukan untuk membiayai mitra showroom. Kami optimistis, melalui kerjasama pembiayaan showroom pada tahap awal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kredit UMKM sebesar Rp50 miliar,” ujar Direktur UMKM PT Bank Bukopin Tbk Heri Purwanto saat penandatanganan kerjasama dengan Gading Auto Center di Jakarta.

Saat ini Gading Auto Centre telah bekerja sama dengan 27 mitra showroom mobil bekas dan diharapkan ke depannya akan terus bertambah. Nantinya, fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada masing-masing showroom maksimal sebesar Rp2,5 miliar dengan bunga yang kompetitif.

Kerja sama yang telah dilakukan antara Bank Bukopin dan Gading Auto Centre meliputi pembiayaan modal kerja penambahan stok kepada showroom oleh Bank Bukopin. Adapun untuk pembiayaan kepada para end user akan dilakukan oleh Bukopin Finance.

Heri menuturkan, per semester I-2019 pertumbuhan kredit segmen UMKM masih di bawah 5%. Pertumbuhan tersebut belum begitu signifikan dikarenakan kondisi perekonomian secara umum yang masih belum stabil.

Namun perseroan yakin dengan berangsur pulihnya perekonomian secara umum serta adanya terobosan produk-produk baru yang dapat menggebrak pasar. Maka di akhir tahun nanti pertumbuhan kredit UMKM akan naik 8% atau ada kenaikan kredit UMKM baru sebesar Rp2,5 triliun. "Secara total semeter I 2019 kredit UMKM kami masih di bahwah 5% nanti dengan kerjasama ini diharapkan bisa naik 8%," katanya.

Direktur Konsumer Bank Bukopin Rivan A. Purwantono menambahkan, perjanjian Kerja Sama ini juga melibatkan Bukopin Finance sebagai anak perusahaan Bank Bukopin. Melalui kerja sama tersebut Bukopin Finance berperan menyalurkan Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor kepada End User melalui kerja sama dengan masing-masing showroom mitra Gading Auto Centre.

“Bank Bukopin terus memacu pertumbuhan bisnis ritel, termasuk melalui segmen konsumer dalam rangka meningkatkan penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor dan sejak tahun lalu Bank Bukopin terus gencar melakukan sinergi dengan Bukopin Finance,” pungkas Rivan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1561 seconds (0.1#10.140)