Dalam Waktu Dekat, Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

Rabu, 10 Juli 2019 - 17:03 WIB
Dalam Waktu Dekat, Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru
Dalam Waktu Dekat, Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta. Adapun daerah yang bakal menjadi ibu kota baru sudah ditetapkan yaitu di Pulau Kalimantan.

"Sudah (ditetapkan kotanya), mudah-mudahan dalam waktu dekat atau tidak terlalu lama, Presiden Jokowi umumkan lokasi ibu kota baru," ujar Bambang di Forum Merdeka Barat 9, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Bambang mengungkapkan alasan Jokowi memilih Kalimantan karena letaknya strategis, berada di tengah-tengah Indonesia. Artinya ibu kota baru ini dekat dengan wilayah barat dan juga tidak terlalu jauh dari wilayah timur Indonesia.

"Kita ingin ibu kota baru itu Indonesia sentris, karena didesain dan dipilih oleh bangsa sendiri," ucapnya.

Tidak hanya itu, dipilihnya Kalimantan juga karena pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut sedang dihadapkan masalah. Pertumbuhan ekonomi disana dipengaruhi oleh harga komoditas.

"Kalimantan ini ekonominya sekarang tertekan sekali karena mereka mengandalkan komoditas seperti batubara," jelasnya.

Lanjut Bambang, ibu kota baru ini nantinya akan ramah lingkungan. Pasalnya, Pulau Kalimantan merupakan paru-paru dunia, oleh karenanya sebisa mungkin harus dijaga agar tidak terjadi pengrusakan hutan.

"Ibu kota baru ini tidak akan mengurangi luas hutan lindung," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4790 seconds (0.1#10.140)