alexametrics

Sindir Calon Tunggal Deputi Gubernur Senior, DPR Ragukan Independensi BI

loading...
Sindir Calon Tunggal Deputi Gubernur Senior, DPR Ragukan Independensi BI
Independensi Bank Indonesia (BI) diragukan oleh Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng, lantaran pemilihan pejabat dewan gubernur Bank Indonesia hanya memiliki calon tunggal. Foto/Ilustrasi, Dok Kemenkeu
A+ A-
JAKARTA - Independensi Bank Indonesia (BI) diragukan oleh Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng, lantaran pemilihan pejabat dewan gubernur Bank Indonesia hanya memiliki calon tunggal. Seperti diketahui hanya terdapat nama Destry Damayanti dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia yang baru.

Menurutnya apabila calonnya hanya satu, maka Bank Indonesia sudah tidak independen. Lebih lanjut Melchias meminta biarkan proses fit and proper test dilakukan komisi XI dengan banyak calon.

"Sebab amanah UU BI, Komisi XI DPR diberikan wewenang melakukan fit and proper test dan memberikan persetujuan bukan hanya sebagai konsultasi seperti institusi-institusi lainnya," ujar Melchias di Jakarta, Kamis (11/7/2019).



Dia menambahkan, untuk calon Deputi Senior BI ini memang hak pererogratif Presiden. Namun terang dia Undang-undang (UU) mengatakan sebanyak-banyaknya calon adalah tiga orang. Tegas dia sudah seharusnya Bank Indonesia independen, maka tidak bisa diperintah oleh siapa pun dalam mengatur moneter.

"Itu ada makna kalau sebanyak-banyaknya. Kita menginginkan itu lebih dari satu. Supaya kita bisa menjaga indpendensi dan menjaga komunikasi hubungan yang baik antara pemerintah dengan DPR," jelasnya.

Sebagai informasi, Destry Damayanti mendapatkan persetujuan DPR untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI yang baru menggantikan pendahulunya Mirza Adityaswara. Hal ini setelah Destry melewati rangkaian fit and proper test dengan komisi XI DPR RI yang mendapatkan banyak pertanyaan mulai dari visi misi, nilai tukar rupiah, Undang-undang lalu lintas devisa hingga perkembangan cryptocurrency.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak